Smart City Dukung Investasi dan Wisata

191
PEMBIMBING : Sebagai ucapan terimakasih Bupati Wihaji menyerahkan cenderamata kepada pembimbing Smart City Dr Windy Gambeta dari ITB, Senin (16/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
PEMBIMBING : Sebagai ucapan terimakasih Bupati Wihaji menyerahkan cenderamata kepada pembimbing Smart City Dr Windy Gambeta dari ITB, Senin (16/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COMBATANG – Pemkab Batang menggelar sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City di aula kantor bupati, Senin (16/7). Selain melibatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga penggiat komunitas. Diharapkan Smart City bisa mendukung investasi, pertumbuhan ekonomi dan wisata.

“Kita undang semua OPD dan komunitas yang nantinya secara  bersama – sama mengembangkan Smart City, karena tanpa stakeholder dan komunitas tidak akan berhasil,” kata Bupati Batang Wihaji.

Menurutnya, Smart City bukan memperbanyak aplikasi, tapi bagaimana bisa melayani masyarakat dengan teknologi yang efektif, efisien dan sederhana. “Inilah yang kami inginkan,” jelasnya.

Smart City juga harus bisa mendukung pertumbuhan investasi, ekonomi dan wisata. “Saya contohkan, bagaimana cara masyarakat yang baru punya anak, lahir langsung dapat akta kelahiran dengan kemudahan informasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser menambahkan, kegiatan kali ini merupakan implementasi gerakan menuju 100 smart city yang tertuang dalam nota kesepahaman antara Dirjen Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo dengan Kabupaten Batang nomor 26/KOMINFO /HK.03.02/05/2018 tertanggal 8 Mei.

“Kegiatan Ini memberikan pengertian dan pemahaman kepada peserta Bintek, menciptakan integritas, sinkronisasi dan sinergi antara pengembangan smart city di pusat dan daerah. Menyediakan landasan materi dan implementasi praktis berdasarkan konsep smart city, serta mendorong pengembangan smart city yang efektif, efisien, inkluisf, dan partisipasi,” papar Jamal Abdul Naser.

Disampaikan juga bahwa dengan bimbinga teknis ini akan tersusun dokumen masterplan smart city yang komperhensif dan aplikatif, tersusun dokumen masterplan implementasi smart city jangka pendek dan jangka panjang tahun. Pada bimbingan teknis tersebut hadir sebagai narasumber dari Direktorat E-Gov Kementerian Kominfo dan pembimbing smart city Dr Windy Gambeta dari Institut Teknologi Bandung ( ITB). (han/zal)