Masyarakat Ingin Informasi Lebih Terbuka

155

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPRD meminta agar lima komisioner di Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng yang terpilih benar-benar amanah dan bekerja maksimal. Sebab, ke depan tantangan KIP semakin kompleks dan membutuhkan  inovasi. Hal itu, agar keberadaanya semakin di kenal public dan keterbukaan informasi di Jateng semakin besar.

Apalagi, masyarakat juga menginginkan adanya keterbukaan informasi di Jateng. dengan begitu, masyarakat akan bisa melakukan pengawasan dan mengetahui informasi di Jateng. “Keberadaan KIP selama ini masih belum banyak dikenal public. Ini tantangan besar ke depan yang harus dilakukan,” kata Anggota Komisi A DPRD Jateng, Amir Darmanto.

Ia menambahkan, lima komisioner sudah terpilih dan harus bekerja untuk masa jabatan selama 2018-2022 sebagai KIP Jateng. Mereka adalah Zainal Abidin, Sosiawan, Wijaya, Slamet Haryanto, dan Handoko Agung Saputro. “Keterbukaan informasi harus menjadi perioritas apalagi di era sekarang dengan kemajuan teknologi yang sudah begitu canggihnya,” ujarnya.

Kelimanya terpilih setelah sebelumnya Komisi A DPRD Jateng menggelar Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) terhadap 10 calon anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng. Masing-masing calon dipersilahkan memberikan paparan/ pandangannya mengenai penyediaan informasi oleh sejumlah lembaga. “Mereka harus bisa mengemban amanah. Kami tidak ada kepentingan, dan semua dilakukan secara tranasparan,” tambahnya.

Anggota Komisi A DPRD Jateng, Sriyanto Saputro mengatakan, KIP harus bisa bertugas secara maksimal. Semua kebijakan public harus terlihat secara transparan, agar masyarakat bisa mengetahuinya secara langsung. Dengan begitu, peran KIP akan benar-benar maksimal dan dikenal masyarakat umum. “Kita tahu tantangan keterbukaan informasi di Jateng masih menjadi tantangan. Ini pekerjaan baru yang harus dilakukan,” tambahnya.

Dengan keterbukaan informasi yang akurat, masyarakat akan bisa lebih mudah mengawasi dan melihat berbagai kebijakan di Jateng. (fth/zal)