Tenaga Operator Meningkat 26 Persen

482

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Sejak adanya tol Operasional dan Fungsional sepanjang 219,5 kilometer yang mulai dioperasikan sejak H-7 Lebaran, Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng DIJ mengoptimalkan fasilitasnya. Hal itu untuk memastikan ketersediaan BBM di seluruh rest area agar mudah didapat oleh para pengendara.

“Tidak hanya sarana fasilitas (sarfas)-nya yang kami siapkan seperti Mobile Dispencer, Kiosk Pertamax, hingga Motorist BBM yang berjumlah 200 unit, tapi  juga tenaga operator yang meningkat hingga 26 persen dari tahun lalu,” ujar Manager Pertamina Marketing Operatin Region IV Jateng DIY, Yanuar Budi Hartanto General, kemarin.

Tahun 2017, pihaknya  mempersiapkan 203 personel operator khusus untuk melayani pengendara di Kiosk Pertamax. Tahun ini, pihaknya mengerahkan hingga 256 tenaga operator yang siap 24 jam melayani para pengendara saat arus mudik dan arus balik.

Penambahan personel tersebut termasuk safety man yang bertugas mengawasi dan memastikan seluruh kegiatan loading BBM hingga pelayanan ke pengendara sesuai dengan aspek keselamatan dan keamanan. “Seluruh operator, kami training sebelumnya dan kami lakukan pembekalan untuk mengoperasikan alat secara aman hingga bagaimana melayani costumer dengan baik,” ujarnya.

Setiap titik Kiosk Pertamax dan SPBU juga standby Pekerja Pertamina yang memonitor ketersediaan BBM dan Pelayanan di masing-masing kiosk dan SPBU, sehingga CCTV ditempatkan di banyak titik di SPBU agar dapat dimonitor langsung oleh pekerja Pertamina yang melakukan satgas idul fitri langsung dari kantor region.

“Berdasarkan catatan kami, tahun ini memang konsumsi BBM di Kiosk meningkat drastis, hingga 4 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Dan telah kami antisipasi dengan mengerahkan operator 26 persen lebih banyak,” ujarnya. (dna/ida)