Tingkatkan Pengamanan Syawalan

428
SIAPKAN PENGAMANAN: Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo saat memimpin apel pengamanan arus balik lebaran. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAPKAN PENGAMANAN: Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo saat memimpin apel pengamanan arus balik lebaran. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pasca lebaran ini, Polres Demak tetap meningkatkan pengamanan objek vital dan tempat tempat keramaian, utamanya lokasi wisata. Selain itu, adalah fokus pada pengamanan tradisi Syawalan di Pantai Morodemak, Kecamatan Bonang.

Seperti diketahui, prosesi Syawalan juga dilakukan di Pantai Glagah Wangi Istambul, Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Pantai Morosari, Kecamatan Sayung, Pantai Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Pantai Kedungmutih, Kecamatan Wedung dan Pantai Onggojoyo, Kecamatan Wedung.

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo menyampaikan, tradisi Syawalan di Dermaga Morodemak menjadi perhatian tersendiri bagi personel kepolisian. Diharapkan, dengan kesiapsiagaan ini, petugas mampu mengawal aktivitas masyarakat yang sedang menikmati libur Syawalan tersebut. “Kita juga lakukan pengamanan di Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu. Sebab, dua lokasi wisata ini menjadi jujukan masyarakat untuk berziarah atau wisata religi,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, pengamanan arus balik lebaran juga terus dipantaua melalui posko lebaran yang didirikan dibeberapa titik. “Pantura Demak merupakan titik lelah bagi yang melakukan perjalanan kearah Jakarta untuk arus balik. Untuk itu, bagi masyarakat yang hendak kembali  ke tempat kerja dan kecapekan, lebih baik istirhata dulu di pos lebaran,” katanya.

Berdasarkan prediksi, puncak arus balik masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi terjadi pada Rabu (20/6) kemarin. Untuk evaluasi sementara, pengamana selama lebaran tersebut dinilai berlangsung aman dan lancar. “Jadi, tidak ada peristiwa menonjol dalam arus mudik maupun balik 2018 ini,” ujarnya.

Menurutnya, melalui operasi ketupat candi, angka lakalantas dan kemacetan dapat ditekan dengan rekayasan lalulintas. (hib/bas)