Veteran Kembali 2 Arah, Pattimura Jadi Searah

1016
ANTISIPASI KEMACETAN: Rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Bubakan Semarang, kemarin. Jalan Pattimura dibuat satu arah. (kanan) Jalan Veteran yang mulai pagi ini akan kembali menjadi dua arah. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ANTISIPASI KEMACETAN: Rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Bubakan Semarang, kemarin. Jalan Pattimura dibuat satu arah. (kanan) Jalan Veteran yang mulai pagi ini akan kembali menjadi dua arah. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG РRekayasa lalu lintas untuk mengurai benang kemacetan kembali dilakukan aparat Satlantas Polrestabes Semarang. Kali ini, Satlantas akan mengembalikan Jalan Veteran menjadi dua arah. Sebelumnya, selama beberapa bulan, jalan ini dibuat satu arah. Sesuai rencana, pemberlakuan jalan dua arah ini akan dimulai Rabu (23/5) pagi ini sekitar pukul 09.00.

“Iya, Jalan Veteran akan dikembalikan menjadi dua arah ¬†Rabu besok (hari ini),” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi, Selasa (22/5).

Ardi menjelaskan, pemberlakuan dua arah ini dengan alasan Jalan Veteran sekarang ini dinilai lengang arus lalulintasnya. Sedangkan dari hasil evaluasi sekarang ini sering terjadi penumpukan arus kendaraan di ujung Jalan Pandanaran dan Simpang Lima.

“Karena sejak Jalan Veteran satu arah, pengendara dari arah RSUP dr Kariadi mau menuju ke Jalan Sriwijaya harus mutar Simpang Lima. Sehingga kalau Jalan Veteran dibuat dua arah kembali, kendaraan tidak lagi harus memutar lewat Simpang Lima, bisa langsung lewat Jalan Veteran,” jelasnya.

Pihak Satlantas Polrestabes Semarang juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Semarang. Koordinasi ini agar segala sarana-prasarana kelengkapan terkait rambu-rambu lalulintas jalan untuk dipersiapkan. “Supaya dipasangi rambu-rambu lalulintas jalan, nanti kendaraan (dari Jalan Veteran) dibelokkan dulu ke Jalan Pahlawan untuk menuju Jalan Sriwijaya,” katanya.

Menanggapi soal kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Veteran lantaran banyak mobil parkir di badan jalan di samping Mapolda Jateng, Ardi menjelaskan lokasi tersebut akan dipasangi rambu-rambu larangan parkir. “Di situ tidak boleh untuk tempat parkir. Sekarang kan Gedung Polda sudah jadi, jadi tidak akan macet lagi,” ujarnya.

Selain Jalan Veteran, pihaknya bersama Dishub Kota Semarang juga telah melakukan rekayasa arus lalulintas di Bundaran Bubakan. Rekayasa ini dilakukan karena lokasi tersebut sekarang juga kerap terjadi kemacetan, karena adanya pembangunan Bundaran Bubakan oleh Pemkot Semarang.

Iya, kita lakukan rekayasa lalulintas kerena sering terjadi kemacetan. Sudah dilakukan mulai hari ini (Selasa kemarin),” jelasnya.

Ardi menjelaskan, sejak kemarin, kendaraan yang melaju dari arah Jalan MT Haryono atau Mataram bisa langsung belok ke kanan di ujung bundaran Bubakan menuju Jalan Pattimura. Praktis, sejak kemarin, Jalan Pattimura menjadi satu arah dari Bubakan ke arah Citarum.

“Jadi, masyarakat bisa langsung belok kanan ke arah Jalan Pattimura, tidak harus memutari bundaran Bubakan. Maaf, kalau ini harus dijelaskan dengan gambar, supaya bisa detail,” katanya. (mha/aro)