Jangan Pelit Apresiasi Walau Sekadar Memuji

245
Direktur Jawa Pos Radar Semarang (Oleh: Baehaqi)
Direktur Jawa Pos Radar Semarang (Oleh: Baehaqi)

RADARSEMARANG.COM – JARUM jam di handphone saya menunjuk pukul tujuh belas kurang empat menit. Sebagian besar karyawan Polda Jateng telah pulang. Namun, Kapolda Irjen Pol Condro Kirono masih di ruangannya. Dia mendisposisi surat-surat sebelum menerima saya di ruangannya itu pula.

Senin lalu, saya dan seluruh manajer Jawa Pos Radar Semarang menghadap kapolda untuk dua kepentingan. Selain bersilaturrahim (gedung kami bertetangga), juga untuk memberikan apresiasi. Polda Jateng menaruh kepercayaan kepada Jawa Pos untuk memberikan penghargaan kepada anggotanya yang berprestasi.

“Polisi yang telah bekerja dengan baik juga perlu diapresiasi,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian ketika menyerahkan Police Award 2018 di Mapolda Jateng bulan lalu. Kebetulan saya juga diundang. Pemrakarsanya Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Condro contoh polisi tegas. Tetapi beliau punya hati. Diletakkannya sedikit hati itu di pikiran. Jadilah beliau orang yang bijaksana. Dia pandai membuat orang bangga. Selagi acara Police Award masih berlangsung dia beranjak dari tempat duduknya di samping kapolri. Dia salami satu persatu tamu yang hadir.

Ketika menerima kami, dia mengajak salam komando satu persatu di antara kami. Ajudannya mengabadikan. Itulah bagian dari apresiasi yang membuat orang bangga. Pemberian penghargaan kepada anak buahnya yang berprestasi itu juga bagian dari apresiasinya.

Polisi yang diberi penghargaan merasa bangga. Mereka pun terus berpacu meningkatkan prestasi. Itu mendorong polisi-polisi lain berbuat serupa. Jadi, jangan dicaci maki. Mereka sudah kenyang caci makian orang-orang yang tidak menyadari ketegasan polisi.

Bukan hanya polisi yang perlu diapresiasi. Tentara pun demikian. Maka ketika Komandan Kodim 0718/Pati Letnan Kolonel (Arm) Arif Darmawan SSos MM mendapat juara II pelaksanaan TMMD reguler tahun ini, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada saya.

‘’Kami beserta keluarga besar Kodim 0718/Pati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bantuan, dukungan manajemen Jawa Pos, sehingga kami dapat meraih prestasi sebagai juara II dalam pelaksanaan TMMD reguler dari perwakilan 50 Kodim se-Indonesia. Salam hormat kami untuk keluarga dan seluruh manajemen Jawa Pos.’’