APM dan SMS Online Pangkas Antrean

781
BERBAGI - Direktur RSUD Bendan dr Junaedi Wibawa, Msi, SpPK didampingi Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menyerahkan bantuan kepada salah satu yayasan yatim piatu dan ponpes. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
BERBAGI - Direktur RSUD Bendan dr Junaedi Wibawa, Msi, SpPK didampingi Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menyerahkan bantuan kepada salah satu yayasan yatim piatu dan ponpes. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan melaunching anjungan pendaftaran mandiri (APM) dan SMS online. Dengan harapan bisa memangkas antrean pasien dalam mendapat perawatan.

“Sebelumnya banyak pasien rela datang dini hari untuk mengambil nomor antrean, kini sudah tidak,” ujar Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz sesaat setelah mencoba mesin tersebut. Peresmian dihadiri pula Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, dan para kepala OPD se-Kota Pekalongan Jumat (4/5) di halaman RSUD Bendan.

Layanan SMS online sudah ada sejak awal April 2018, diberlakukan bagi pasien yang telah memiliki nomor rekam medik atau pernah terdaftar sebagai pasien RSUD Bendan.

Pelayanan ini cukup mudah digunakan oleh masyarakat. Hanya mengirim SMS sesuai format yang sudah ditentukan, pasien tersebut sudah terdaftar di klinik tujuan tanpa harus antre di rumah sakit.

Setelah diluncurkan SMS Online, RSUD Bendan memperkenalkan APM yang mengadopsi pola pendaftaran mandiri oleh PT KAI. APM sendiri merupakan layanan baru pada pendaftaran pasien rawat jalan dengan tujuan memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan pendaftaran.

Sementara itu Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan dr Junaedi Wibawa, MSi, SpPK menambahkan, pihaknya akan membuat jejaring dengan puskesmas dan pemberi pelayanan kesehatan tingkat 1 (PPK 1) yang bekerja sama dengan BPJS .

“Jadi nanti pasien tidak lagi berhubungan dengan pendaftaran. Melainkan puskesmas dan PPK tingkat 1 yang memberikan rujukan termasuk syarat-syaratnya melalui pemanfaatan IT, ” terangnya.

Pada kesempatan kemarin, RSUD Bendan juga memberikan bantuan kepada yayasan yatim piatu dan pondok pesantren di Kota Pekalongan. Berupa peralatan untuk mendukung operasional sehari-hari kedua lembaga itu. (han/lis)