Gatot Target Jateng Rebut Tropi OSN ke 11

767
SERIUS : Ratusan siswa SMA/MA di Jateng mengikuti OSN tingkat Provinsi di Hotel Muria, belum lama ini. (Ist)
SERIUS : Ratusan siswa SMA/MA di Jateng mengikuti OSN tingkat Provinsi di Hotel Muria, belum lama ini. (Ist)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sebanyak 946 siswa SMA/MA di Jawa Tengah mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi  di Hotel Muria, Jalan dr Cipto, Senin (16/4).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Gatot B Hastowo  mengatakan, selama ini, Jateng telah berhasil merebut juara umum OSN di tingkat nasional. Namun pada kesempatan kesebelas kalinya hanya menempati juara dua.

InshaAllah tahun 2018 ini, trophy kejuaraan OSN di tingkat nasional akan kembali ke Provinsi Jateng,” ujar Gatot optimis.

Terkait dengan hal tersebut, Gatot meminta kepada para peserta OSN untuk menanamkan rasa percaya diri yang kuat. Namun demiian, kepercayaan diri tersebut jangan sampai membuat para peserta merendahkan, meremehkan dan merasa lebih pintar dari yang lainnya.

“Kita harus percaya diri bahwa kita mampu dan siap berkompetisi dengan lainnya, tetapi tidak boleh merasa lebih tinggi dan merendahkan kemampuan orang lain,” katanya.

Lebih jauh, Gatot mengingatkan kepada ratusan siswa untuk menunjukkan sikap dan adat ketimuran sebagai orang Jawa Tengah yang dikenal denga perilaku kesantunan, keramahan, familier, dan budi pekerti yang luhur.

Gatot membeber, peserta OSN yang lolos ke tingkat nasional adalah mereka yang memenuhi standar nilai passing grade sesuai ketetapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Pusat untuk Jateng.

“Biasanya bisa masuk sampai 60 sampai 80 siswa, namun tahun ini semoga bisa lolos sampai 100 siswa,” tandasnya.

Kegiatan rutin tahunan tersebut melombakan 9 mata pelajaran diantaranya Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Komputer, Geografi, Ekonomi, Kebumian hingga Astronomi. Juara dari OSN tingkat provinsi ini akan menjadi duta Jateng di OSN tingkat Nasional. (tsa/zal)