Tim Gabungan Tertibkan Pelaku Balap Liar

375
BALAP LIAR : Petugas Polres bersama Denpom 710 Pekalongan melakukan razia gabungan terhadap aksi balapan liar di Jalan Raya Pekajangan Kedungwuni. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
BALAP LIAR : Petugas Polres bersama Denpom 710 Pekalongan melakukan razia gabungan terhadap aksi balapan liar di Jalan Raya Pekajangan Kedungwuni. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Ratusan warga yang tengah melakukan balap liar di Jalan Raya Ambo Kembang-Pekajangan, Kedungwuni, kocar-kacir saat petugas Polres dan Denpom 710 Pekalongan, datang untuk melakukan penertiban. Puluhan motor berhasil diamankan petugas, termasuk sejumlah pemiliknya.

Kepala Kepolisian Resor Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, mengungkapkan balapan liar tersebut sangat meresahkan warga sekitar dan pemakai jalan lain.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya memerintahkan jajarannya untuk menangkap dan memproses pelaku balap liar sesuai hukum, apabila ditemukan terjadi tindak pidana dan harus ditindak tegas.

“Saya tidak main-main dengan namanya kegiatan balap liar, akan kami tindak tegas, contohnya malam ini, kami melakukan razia gabungan bersama dengan Denpom 710 Pekalongan untuk merazia balap liar,” tegas Kapolres.

Wakapolres Pekalongan, Kompol Watoro, menambahkan, di dalam balap liar banyak potensi terjadi pelanggaran-pelanggaran, yakni pelanggaran norma sosial di masyarakat yang mengakibatkan warga sekitar menjadi terganggu,  serta potensi pelanggaran lalu lintas.

Menurutnya spesifikasi kendaraan yang digunakan pasti sudah tidak sesuai ketentuan.

“Kita tindak tegas karena sangat menganggu masyarakat yang tengah beristirahat,” tegas Wakapolres.

Sementara itu, Kasubaghumas Bagops Polres Pekalongan, Iptu Akrom, berharap dengan digalakkan razia balap liar akan  membuat suasana lebih kondusif. “Kegiatan ini sendiri akan terus dilakukan dengan sistem random artinya tidak dijadwal,” jelas Iptu Akrom. (thd/zal)