Dorong RSUD Tingkatkan Pelayanan

263
SAPA PASIEN : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyapa pasien pengguna UHC di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro. (ist)
SAPA PASIEN : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyapa pasien pengguna UHC di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro. (ist)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta RSUD K.R.M.T Wongsonegoro untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Hal itu ia ungkapkan saat memimpin apel pagi di rumah sakit milik Pemerintah Kota Semarang, Senin (9/4) kemarin.

Di hadapan seluruh peserta apel pagi, wali kota yang akrab disapa Hendi ini mengaskan jika RSUD Wongsonegoro sebagai salah satu pintu pelayanan Pemerintah Kota Semarang kepada masyarakat.

“Orang melihat pelayanan Pemerintah Kota Semarang adalah dari pelayanan rumah sakitnya, apabila pelayanan rumah sakitnya baik maka orang akan menganggap pelayanan pemerintah adalah baik,” katanya.

Ia mencontohkan, jika pelayananan di rumah sakit buruk bahkan susternya marah-marah, di poliklinik juga tidak dilayani dengan cepat, maka orang pasti akan menilai pelayanan pemerintah sangat buruk.  Dalam kesempatan tersebut, Hendi juga mengingatkan agar seluruh karyawan RSUD K.R.M.T Wongsonegoso tidak membeda-bedakan sikap pelayanan yang diberikan kepada pasien.

“Pemerintah Kota Semarang punya program UHC, semua dijamin berobat gratis untuk dirawat di kelas 3. Ini harus disengkuyung, jangan sampai karena pakai fasilitas UHC, lalu pelayanannya tidak optimal dan tidak ramah,” jelasnya.

Pemerintah Kota Semarang sendiri memiliki komiten untuk meningkatkan fasilitas kesehatan demi melayani pasien kelas III, harus terus diikuti dengan peningkatan pelayananannya.  Contohnya pada ketersediaan kamar, ditahun 2014 hanya ada 150 tempat tidur untuk pasien kelas III. “Kemudian kami tingkatkan sampai kapasitas 270 tempat tidur yang semuanya dilengkapi AC, tahun depan juga akan kita tambah kapasitasnya dengan membangun gedung Sadewa,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi PDIP itu juga menyempatkan diri untuk berkeliling area rumah sakit dan menemui beberapa pasien. Salah satu pasien kelas III yang dirawat di Ruang Nakula, mengaku sangat puas dengan program UHC yang digagas oleh Hendrar Prihadi . “Program ini bisa dinikmati masyarakat yang kurang mampu, dan sangat bermanfaat apalagi semuanya ditanggung oleh Pemkot,” tutur Aris pasien mengguna UHC. (den/zal)

Silakan beri komentar.