Jembatan Tol Kali Kuto Bakal Megah

1603
BAKAL MEGAH: Pengerjaan Jembatan Kali Kuto di perbatasan Kendal-Batang di Desa Sambongsari Kecamatan Weleri terus dikebut. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BAKAL MEGAH: Pengerjaan Jembatan Kali Kuto di perbatasan Kendal-Batang di Desa Sambongsari Kecamatan Weleri terus dikebut. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Jembatan Sungai Kali Kuto berada diperbatasan Kendal-Batang di Desa Sambongsari Kecamatan Weleri untuk proyek tol Semarang-Batang bakal dibangun megah. Bahkan rencananya jembatan tersebut akan menjadi ikon jalur Tol Trans Jawa di jalur Semarang-Batang.

Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto mengatakan jika saat ini masih proses pengerjaan dengan pemasangan tiang pancang beton. Sesuai rencana, jembatan akan dibangun dengan panjang 100 meter. Dan akan rampung pada September mendatang.

“Akan dibangun sedemikian megah, sehingga ketika orang melintas masuk Kendal akan terpana dengan jembatan ini. Gambarannya akan menggunakan baja lengkung dengan tambahan tali penyangga sepanjang jembatan,” tuturnya, kemarin.

Karena panjang jembatan yang cukup panjang, maka kualitas juga akan dibuat lebih baik dari pada jembatan lain. Yakni butuh ketahanan yang kuat agar tahan ketika dilintasi ribuan kendaraan berat dan tahan dari terpaan arus sungai saat meluap. “Girder yang akan dipasang juga yang spesial jadi bukan girder biasanya,” katanya.

Namun saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan jalur arus mudik 2018. Yakni agar jalan tol bisa difungsikan sebagai jalur mudik fungsional meskipun belum beroperasi secara resmi. Tujuannya untuk mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di jalur Pantura.

“Kalau pembangunan jembatan, Mei nanti sudah selesai. Sehingga mudik nanti tol bisa jadi jalur fungsional untuk arus mudik 2018. Rencananya lantai jembatan akan dicor namun apabila tidak selesai, maka sementara akan menggunakan pilar baja,” paparnya.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa menuturkan pihaknya tetap optimistis Tol Semarang-Batang sudah dapat dilintasi pada arus mudik 2018. “Rencananya girder akan dipasang pada akhir April ini, tepatnya minggu ketiga, dan selesai pada awal Mei,” ujarnya

Bahkan terkait waktu juga tidak ada percepatan  sesuai dengan kontrak akan selesai  bulan september 2018. Karena lebaran bulan juni maka jalan tersebut akan  selesai  satu lajur. “Sehingga bisa dilalui untuk arus mudik dulu,” katanya. (bud/bas)