Ratusan Pelajar SMA/SMK Ikuti Bela Negara

844
BELA NEGARA : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, menjadi inspektur upacara bela negara di di Markas Kompi senapan C 407 Wonopringgo. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
BELA NEGARA : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, menjadi inspektur upacara bela negara di di Markas Kompi senapan C 407 Wonopringgo. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Ratusan pelajar SMA/SMK  se-Kabupaten Pekalongan melakukan upacara dan pelatihan bela negara, di Markas Kompi senapan C 407 Wonopringgo. Kegiatan tersebut untuk menanamkan jiwa nasionalisme siswa dan untuk menangkal pemahaman idiologi sesat yang berkembang di masyarakat.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa patriotisme dan dapat menyegarkan kembali paham akan kebangsaan bagi pemuda di Kabupaten Pekalongan.

Diharapkan setelah mereka mengikuti kegiatan bela negara ini, para pelajar dapat menangkal paham radikalisasi bagi dirinya sendiri maupun sebagai agen untuk menularkan kepada orang lain.

“Hal ini sebagai langkah preventif untuk memantapkan nilai idiologi Pancasila,” tegas bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa penyebaran paham radikalisasi, akhir-akhir ini bergejala di media sosial,  sehingga  perlu ditanamankan bela negara kepada pelajar sejak awal   untuk menangkal radikalisasi tersebut.

Sementara itu, Komandan Kodim 710 Pekalongan, Letnan Kolonel Inftantri. Muhamad Ridha, menegaskan bahwa kegiatan bela negara ini, dalam rangka menjawab kemajuan teknologi informatika, terutama media sosial yang berkaitan dengan penyebaran berita hoax, hingga perlu menanamkan disiplin, wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme.

“Harapannya setelah dilaksanakan kegiatan ini, mereka dapat menularkan berbagai pengetahuan bela negara ini kepada teman-temannya secara berkesinambungan,” tegas Muhamad Ridha. (thd/zal)