Kedu Juara Umum Porda Soina Jateng

455

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kedu keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) Special Olympic Indonesia (Soina) Jateng yang digelar di Semarang, 19-21 Maret. Dari 6 cabor yang dipertandingkan, Kedu meraup 11 emas, 2 perak, dan 8 perunggu. Disusul Surakarta yang membawa pulang 9 emas, 9 perak, dan 2 perunggu. Sementara Semarang, berada di urutan terbawah karena hanya mendapat 1 perak dan 5 perunggu.

Emas yang didapat Kedu paling banyak di cabor atletik, yakni 4 medali. Sementara cabor renang dan tenis meja, Kedu hanya mendapat masing-masing 2 emas. Emas renang justru diborong Surakarta. Sebanyak 5 emas dan 2 perak didapatkan Surakarta setelah bersaing sengit dengan Kedu.

Kasi Olahraga Pendidikan dan Prestasi Disporapar Jateng Kuncoro Dwi Wibowo menjelaskan, Porda Soina Jateng ini bisa menjadi ajang seleksi atlet yang akan dikirmkan pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Soina di Pekanbaru dan Kepualauan Riau, Juli mendatang.

“Nantinya para juara dari tingkat Jateng yang mewakili ke tingkat nasional. Diperkirakan, kontingen Jateng sebanyak 61 atlet dan ofisial. Usai Porda ini, seluruh atlet akan menjalani pemusatan latihan selama dua minggu,” jelasnya, Rabu (21/3).

Meski begitu, pihaknya mengaku tidak akan ikut semua nomor yang dipertandingkan dalam laga Pornas Soina tersebut. “Kami hanya ikut 6 saja. Ya yang dipertandingkan di Porda. Renang, Tenis Meja, Atletik, Bulutangkis, Futsal, dan Boncia,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengda Soina Jateng Kristijani Kirana mengatakan, prestasi atlet tuna grahita Jateng di berbagai ajang sangat bagus. Pada Pornas Soina nanti, pihaknya tak menargetkan muluk-muluk. Kristijani mengaku lega dengan perhatian pemerintah yang melakukan fasilitasi kepada atlet-atlet berkebutuhan khusus ini. ”Harapan kami, atlet yang terpilih nanti bisa memberi yang terbaik bagi Jateng. Buktikan, bisa berprestasi seperti atlet-atlet yang lain,” tandasnya. (amh/ric)