Konsisten Tebarkan Virus Kewirausahaan

304
Nanang Husni Faruk, S.HI, S.Sos
Nanang Husni Faruk, S.HI, S.Sos

RADARSEMARANG.COM – Kiprah Nanang di organisasi barangkali hal biasa. Tapi semangatnya untuk membangun generasi muda perlu diacungi jempol. Di HIPMI Kendal misalnya, ia selalu menelurkan virus-virus kewirausahaan di tengah para pengusaha muda Kendal.

Sebab baginya sekarang ini anak-anak muda perlu membangun usaha mandiri. “Karena jika mengandalkan untuk jadi PNS, peluangnya juga sangat kecil. Jadi pegawai juga demikian. Lebih banyak jumlah pelamar ketimbang lowongan yang tersedia,” katanya.

Karena itu, berwirausaha adalah satu-satunya peluang besar yang tersedia bagi pemuda saat ini untuk mengembangkan karir. Yakni untuk meraih masa depan yang lebih cerah ketimbang cuma mengharapkan jadi PNS atau pekerja.

Beberapa program yang sudah dimulai di HIPMI untuk membangun gairah anak-anak muda berwirausaha diantaranya HIPMI Goes To School. Yakni program berwirausaha untuk anak-anak sekolah. “Jadi kami ajari para siswa untuk sedari dini terbangun jiwa wirausahanya,” tandasnya.

Selain itu ia juga membuat Sekolah Bisnis Kendal (SBK). Yakni sekolah untuk para pengusaha pemula untuk memulai mengembangkan bisnisnya. Yakni diajari tata cara menajemen usaha, mengembangkan modal, bisnis online, membangun jaringan dan relasi.

“Setiap angkatan ada 50 orang, dan selama saya memimpin HIPMI ini sudah tiga angkatan atau 150 orang. Jadi ada kurikulum yang sudah kami sediakan untuk 10 kali pertemuan dan itu gratis,” tambahnya.

Sedangkan di KNPI Kendal, diakuinya tantangannya berbeda. Karena KNPI lebih beragam dari berbagai macam karakter dan latar belakang. “Di HIPMI semua sama, yakni pengembangan usaha. Di KNPI, ada yang bidang politisi, sosial, seni dan budaya,  kesehatan, lingkungan dan sebagainya. Jadi lebih komplek lagi tantangannya,” jelasnya. (budi setyawan/ric)