Penerimaan Pajak Capai 15 Persen

730

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Penerimaan pajak dalam wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah hingga akhir Februari lalu telah mencapai 15 persen dari total target tahun ini yang sebesar Rp 49,5 triliun.

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu mengatakan, untuk Jawa Tengah terbagi menjadi dua wilayah yaitu DJP Jateng I yang meliputi Jawa Tengah bagian utara dan DJP Jateng II yang meliputi Jawa Tengah bagian selatan.

“DJP Jateng I tahun ini ditarget Rp 37 triliun, sedangkan DJP Jateng II ditarget Rp 12,5 triliun. Dari total target telah tercapai 15 persen dengan kontribusi terbesar dari sektor industri kemudian diikuti oleh sektor perdagangan,” ujarnya, kemarin.

Guna memenuhi target hingga akhir tahun, pihaknya juga menggelar sejumlah program. Diantaranya Gerai Pajak Tahun 2018 yang diadakan di atrium Mal Paragon, baru-baru ini. Kegiatan tersebut guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar pajak maupun menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan melalui e-Filing.

“Batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi sampai 31 maret 2018, sedangkan batas waktu penyampaian SPT tahunan PPh Wajib Pajak Badan sampai dengan 301 April 2018. Melalui kegiatan tersebut kami juga sosialisasikan bawah pengisian SPT Tahunan PPh melalui e-Filling dapat diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja melalui website,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang bertajuk “Jateng Patuh Pajak” ini juga dilakukan deklarasi oleh dua pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Tengah. Melalui penandatanganan tersebut, pihaknya berharap ada komitmen lebih dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendatang dalam optimalisasi penerimaan pajak guna pembiayaan pembangunan.

“Jika target penerimaan pajak tercapai baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan memiliki dana yang cukup untuk mewujudkan berbagai program kerja yang telah direncanakan,” ujarnya. (dna/ric)