Ragam Makanan Olahan Ikan Dilombakan

462
OLAHAN : Warga dari beberapa desa di Kabupaten Semarang memamerkan hasil olahan ikan air tawar dalam lomba di Kecamatan Bawen, Minggu (4/3) kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
OLAHAN : Warga dari beberapa desa di Kabupaten Semarang memamerkan hasil olahan ikan air tawar dalam lomba di Kecamatan Bawen, Minggu (4/3) kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN–Guna mendukung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) mengajak warga di Kabupaten Semarang untuk mengolah ikan menjadi berbagai macam makanan.

Public Affairs Communications CCAI Bawen, Ida Lukitowati mengungkapkan jika potensi ikan air tawar yang ada di Kabupaten Semarang cukup tinggi. “Untuk itu, kami mengajak masyarakat melalui sebuah perlombaan olah ikan yang diikuti masyarakat Kabupaten Semarang,” ujar Ida, Minggu (4/3) kemarin.

Dijelaskan juga, jenis-jenis ikan air tawar yang diolah oleh warga yang menjadi peserta dalam perlombaan tersebut mencapai puluhan. Ada ikan lele yang diolah menjadi keripik, diolah jadi abon, hingga ikan bandeng diolah menjadi kerupuk. “Pengolahan ikan tengiri menjadi krupuk sudah dilakukan banyak masyarakat di luar (Kabupaten Semarang),” tuturnya.

Sebanyak 9 desa menjadi peserta pada perlombaan tersebut. Aspek penilaiannya yaitu inovasi, penyajian, cita rasa, dan higienis. “Masing-masing mempresentasikan bagaimana mengolah dan makanan itu dari jenis ikan apa,” ujarnya.

Menurut ida, perlombaan tersebut dapat merangsang kreativitas masyarakat di Kabupaten Semarang untuk memproduksi aneka jenis makanan dari ikan air tawar. “Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Gizi Nasional kemarin,” kata Ida.

Sementara itu, Camat Bawen, Gunadi mengapresiasi perlombaan tersebut, yang memotivasi munculnya ide-ide kreativitas masyarakat di Kabupaten Semarang. “Ikan yang memiliki protein tinggi dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Semarang jika dikonsumsi,” tuturnya. (ewb/ida)

Silakan beri komentar.