Angka Konsumsi Ikan Masih Rendah

760

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Angka konsumsi ikan di Kota Magelang naik signifikan selama enam tahun terakhir ini. Dari 14,94 kilogram per kapita per tahun di 2012, naik menjadi 22,50 kilogram per kapita per tahun di 2017. Namun demikian, angka ini masih di bawah standar provinsi 26 kilogram per kapita per tahun dan nasional.

“Kita harus kejar itu,” kata Kasi Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Windoatmoko mewakili Kabid Perikanan dan Peternakan, Hadiono, Senin (19/2).

Kecilnya angka konsumi ikan, menurutnya, dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari ketersediaan ikan yang lebih sedikit dibanding kebutuhan, hingga pengaruh budaya makan ikan yang masih rendah. Termasuk berkurangnya lahan produktif untuk budidaya ikan yang kini tinggal sekitar 6 hektare.

“Produksi ikan kita hanya 153,01 ton per tahun, sementara kebutuhan untuk konsumsi sekitar 2.900 ton per tahun,” ujarnya.

Soal pemahanan nilai gizi pada ikan, lanjut dia, masyarakat sudah paham. Hanya saja, pengolahan ikan untuk menjadi aneka menu makanan cukup ekstra. Karenanya, ibu-ibu anggota Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) diajak untuk mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan (gemarikan). “Kenapa ibu-ibu ? Karena ibu-ibu yang menentukan menu yang akan di makan oleh keluarganya,” ucapnya. Selain itu, kegiatan Gemarikan juga menyasar pada kalangan pelajar. (put/ton)