Perusahaan Pembuat Aguaria Pailit

2370

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Indotirta Jaya Abadi, perusahaan air minum dalam kemasan merek Aguaria mengalami pailit ditangan salah satu krediturnya, Setefan Djimin melalui kuasa hukumnya Bambang Putut Rumono. Dalam kasus itu, PT Indotirta dinyatakan pailit atas tagihan hutangnya yang tidak dibayar ke sejumlah kreditur, dengan total hutang sekitar Rp 210 miliar.

Hal itu diketahui dari website resmi Sistem Informasi Penelurusan Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri (PN) Semarang yakni, http://sipp.pn semarangkota.go.id /index.php/detil_perkara. Putusan pailit tersebut dibacakan oleh majelis hakim yang dipimpin Bayu Isdiyatmoko.

Dalam putusannya majelis hakim mengabulkan permohonan pemohon (Setefan Djimin) untuk seluruhnya, kemudian menyatakan termohon  PT Indotirta Jaya Abadi yang beralamat di Jalan Mr Wuryanto nomor 1 Sumurejo Gunungpati Semarang, dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya. Selain itu, menetapkan biaya kepailitan dan imbalan jasa Kurator akan ditetapkan kemudian setelah Kurator selesai menjalankan tugasnya dan proses kepailitan berakhir.

Terpisah, Kuasa hukum PT Indotirta Jaya Abadi, Agus Nurudin mengakui perusahaan kliennya mengalami pailit atas putusan majelis hakim. Namun demikian ia mengaku belum mengetahui total jumlah hutang karena masih menunggu rapat verifikasi, akan tetapi hutangnya mencapai miliaran, salah satunya, Bank Permata.

“Sudah dijatuhkan pailit. Mengenai jumlah hutangnya, belum diketahui pasti karena belum ada rapat verifikasi. Dalam rapat kreditur, verifikasi hutang akan dihitung jumlahnya, termasuk bukti-bukti dari kreditur,”kata Agus Nurudin saat dikonfimasi, Jumat (9/2).

Terkait putusan pailit tersebut, Agus menyatakan kliennya tidak menempuh upaya hukum lebih tinggi. Hanya saja, untuk upaya perdamaian, akan diupayakan kembali terhadap para kreditur. Dikatakannya, faktor kebangkrutan perusahaan kliennya murni bisnis bukan karena faktor lain.

“Kami tidak mengajukan upaya hukim lagi. Tapi akan mengajukan perdamaian. Atau jika ada investor yang masuk, kami akan mencari jalan terbaik,” sebutnya.

PT Indotirta Jaya Abadi, perusahaan air minum  yang berdiri sejak sejak 1984. Produk minuman pertamanya adalah teh dalam kemasan botol “Indoteh”. Satu tahun berikutnya lahir produk air mineral merek “Aquaria” yang pada tahun 1993 merek “Aquaria” berganti menjadi merek yang hingga kini digunakan, “Aguaria”. (jks/zal)