Hari Ini, Pedagang Barito Mulai Boyongan

627
(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Setelah sempat tertunda, direncanakan Jumat hari ini (3/2), Pedagang Kaki Lima (PKL) Barito di Kelurahan Rejosari, Semarang, akan serahterima kunci kios secara simbolik. Serahterima tersebut sesuai rencana akan dilakukan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Setelah dilakukan serahterima, mereka menyatakan akan langsung boyongan menuju ke Pasar Klitikan Penggaron. “PKL Rejosari ini akan mengawali pindah ke Pasar Klitikan Penggaron secara bersama-sama naik angkutan mobil,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, Kamis (1/2) kemarin.

Dikatakannya, beberapa hari lalu, para PKL Rejosari telah mengawali rencana pindah ke Pasar Klitikan Penggaron dengan melakukan tasyakuran dan doa bersama. Pasar Klitikan Penggaron telah ditandai dengan pemasangan umbul-umbul di kanan dan kiri sepanjang pintu masuk.

Salah satu pedagang Rejosari, Muali, 40, mengatakan sebagian pedagang telah nyicil membawa barang-barang perlengkapan kios dan dagangan ke Pasar Klitikan Penggaron. “Sebetulnya, kondisi bangunan Pasar Klitikan Penggaron ini cukup megah. Sayangnya, luas kios-kiosnya terlalu kecil untuk ukuran pedagang Barito. Kios di sana berukuran 3 X 3 meter,” katanya.

Dikatakanya, semua PKL Barito memiliki barang dagangan cukup banyak dan membutuhkan tempat luas. Sesuai hasil rapat, para PKL Rejosari diberi waktu hingga minggu ketiga Februari. “Saya rasa masih banyak waktu untuk pindahan ke Penggaron,” katanya.

Menurut dia, apabila pedagang kompak meramaikan Pasar Klitikan, maka jangka panjang akan bagus. Sebab, nanti pasar klitikan terpusat di sana. “Saya berharap pemindahan ini berjalan lancar. Semakin cepat semakin baik,” imbuhnya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Agus Slamet Riyanto mengatakan, pihaknya menyarankan agar Pemkot Semarang mengawal para pedagang dengan memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pedagang. “Apabila ada fasilitas yang kurang, segera dilakukan penganggaran untuk menyempurnakan Pasar Klitikan,” katanya. (amu/ida)