Ganjar : Silahkan Pecahkan Mitos

360
Ganjar Pranowo (Istimewa)
Ganjar Pranowo (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Cagub petahana Ganjar Pranowo menanggapi dingin pernyataan rivalnya, Sudirman Said yang ingin memecahkan mitos Jateng adalah kandang banteng. Ganjar tidak mempersoalkannya. Menurutnya, bagaimana pun situasinya, banteng akan terus bergerak.

“Yang nonbanteng saja juga bergerak. Tidak apa-apa kalau mau coba memecah mitos ‘kandang banteng’. Semua orang kan berhak punya cita-cita. Kalau masalah kans, bisa dilihat nanti pas coblosan,” bebernya, kemarin.

Ganjar mengaku, dirinya sudah siap menghadapi Pilgub. Sebab, sejak menjabat sebagai gubernur, dia sudah berkeliling ke seluruh daerah di Jateng. Entah untuk sosialisasi program, atau sekadar berdialog dengan warga. Menanyakan mengenai keluhan warga, apa saja yang kurang dari kepemimpinannya. Karena itu, tidak heran jika Ganjar tahu seluk-beluk setiap sudut Jateng dan persoalan warga hingga tingkat bawah.

Sebelumnya cagub Jateng, Sudirman Said ingin memecahkan mitos politik, bahwa Jateng adalah kandang banteng. Hal tersebut semakin didorong karena kondisi Jateng tidak juga berubah, soal kemiskinan utamanya.

Sudirman mengatakan, untuk menghadapi dan memecahkan persoalan dimulai dari sekitar, dengan jalan musyawarah dan gotong royong. “Saya tidak akan menyuarakan permusuhan,  namun perubahan. Memang jalan semakin menanjak, namun kawan yang bergabung juga semakin banyak,” katanya.

Lebih lanjut Ganjar berencana memanfaatkan media sosial (medsos) untuk menyosialisasikan program-programnya. Menurutnya meski terbilang efektif, tidak sedikit pihak yang menebar black campign atau informasi hoax di media sosial. Terutama untuk menjatuhkan kandidat calon kepala daerah. Karena itu, Ganjar mengimbau agar semua pihak bisa bicara data dan fakta agar kampanye di dunia maya bisa mendidik.