Media Audio Visual Tingkatkan Minat Belajar

835
Oleh: Lilik Rahmawati,S.Pd.,M.Pd
Oleh: Lilik Rahmawati,S.Pd.,M.Pd

RADARSEMARANG.COM – PENINGKATAN Kualitas pembelajaran merupakan salah satu hal yang mendasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Namun kurangnya kreatifitas guru sebagai pengajar dalam menyajikan media pembelajaran yang lebih menyenangkan siswa, menyebabkan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak berjalan secara optimal. Akibatnya siswa merasa bosan, pelajaran tidak menarik, bahkan penuh misteri, sehingga berujung pada hasil belajar yang kurang memuaskan.

Sebagaimana yang dikemukakan Arsyad (2006:15) ada dua unsur yang amat penting dalam proses pembelajaran di kelas yaitu model atau strategi dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai. Meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru. Selain itu juga motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Sehingga akan membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media audio visual untuk pembelajaran yaitu; pertama, guru harus mempersiapkan unit pelajaran terlebih dahulu, kemudian baru memilih media audio-visual yang tepat untuk mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.

Kedua, guru juga harus mengetahui durasi media audio-visual misalnya dalam bentuk film ataupun video, di mana keduanya yang harus disesuaikan dengan jam pelajaran. Jika untuk pembelajaran IPA (5) lima jam dalam seminggu dan dibagi menjadi dua pertemuan atau tiga pertemuan.

Ketiga mempersiapkan kelas, yang meliputi persiapan siswa dengan memberikan penjelasan global tentang isi film, video atau televisi yang akan diputar dan persiapan peralatan yang akan digunakan demi kelancaran pembelajaran. Terakhir, aktivitas lanjutan, setelah pemutaran film atau video selesai, sebaiknya guru melakukan refleksi dan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi tersebut.