Karakter Orang Tua Pengaruhi Unggah – Ungguh Anak

505
Oleh: Sholikin SPd
Oleh: Sholikin SPd

RADARSEMARANG.COM – KEMAJUAN ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi  sangat berpengaruh pada perkembangan perilaku kehidupan manusia, terutama pada usia anak didik. Baik itu pada sikap, perilaku, sopan santun, akhlakul karimah, budi pekerti, maupun unggah – ungguh.

Mendidik anak baik usia  dini (PAUD) pada tingkat pendidikan kelompok bermain (KB) dan taman kanak-kanak (TK), SMP, SMA dapat melalui pendidikan formal maupun non formal serta lingkungan dan keluarga.

Pendidikan keluarga sangatlah besar pengaruhnya terhadap karakter anak, dikarenakan waktu yang lama bergaul dalam keluarga. Orang tualah yang dapat membentuk karakter baik atau buruk anak dalam keluarga. Anak dapat meniru langsung gerak – gerik, tingkah laku, sopan santun dari orang tua.

Dulu ketika kita masih kecil, sering kali orang tua bertutur dengan lembut, sopan – santun  menceritakan kisah-kisah yang menarik untuk pengantar tidur kita. Ibu atau ayah berbicara dengan kata – kata yang lemah lembut, sehingga berkesan dalam diri anak tersebut dan dibawa sampai mereka dewasa alias meniru orang tuanya

Ingatan kita masih lekat. Orang tua dengan mudah dapat membuat anak-anaknya terdiam, terpaku, terbius dan terpesona dengan kata-kata yang keluar dari mulut melalui kalimat yang halus, bertutur kata dengan menggunakan unggah – ungguh bahasa, karma inggil