Mayat Janin Bayi Diotopsi

521

RADARSEMARANG.COM, PURWOREJO — Polisi terus mendalami penemuan mayat janin bayi yang ditemukan warga Dusun Clorong Desa Tlogosono, Kecamatan Gebang. Untuk itu, kemarin, Tim Biddokes Polda Jawa Tengah telah menerjunkan tim untuk mengotopsi mayat janin tersebut.

Otopsi dilakukan untuk menguak, apakah ada unsur tindak pidana dalam kasus pembuangan janin tersebut. Saat ini, janin bayi disimpan di kamar mayat RS Dr Tjitrowardoyo. Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi SH mewakili Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya SIK mengaku belum bisa menyimpulkan; apakah ada tindak kejahatan atau tidak dalam kasus tersebut.

Pihaknya masih menunggu hasil otopsi Biddokes Polda. Kata Kholid, pihaknya tengah menggali fakta, apakah janin keluar sendiri karena masalah kesehatan pada ibunya atau sengaja dipaksakan lewat aborsi.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kedu, mayat janin tersebut ditemukan oleh penggali kubur warga Dusun Clorong di makam setempat pada Minggu (7/1) pagi. Warga kaget ketika cangkul penggali kubur mengenai kardus. Saat kardus dibuka, ternyata berisi janin bayi dan pakaian dalam seorang perempuan, terbungkus dalam plastik hitam.

Warga lantas melapor ke perangkat desa setempat. Laporan diteruskan ke Polsek Gebang dan dilanjutkan proses evakuasi. “Pengamatan awal dari tim medis Puskesmas dan dikuatkan dokter, janin diperkirakan sudah lebih dari sepuluh hari, dikubur dalam tanah.” (jpg/isk)