Pemesanan Paket Liburan Menurun

444

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pemesanan paket liburan akhir tahun melalui travel agen menurun hingga 25 persen dibanding tahun sebelumnya. Penurunan salah satunya disebabkan pola perjalanan dan sistem pemesanan yang mulai beralih ke online.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah, Joko Suratno mengatakan, tren untuk berwisata hingga saat ini masih terus mengalami peningkatan, hanya saja pola maupun kecenderungan para wisatawan yang mulai bergeser.

“Kalau dulu lebih banyak menggunakan jasa travel agen, namun sekarang cenderung melakukan perjalanan yang spontan dengan pemesanan secara langsung melalui sistem online. Sehingga untuk paket liburan akhir tahun pun ikut mengalami penurunan,” ujarnya.

Terkait hal ini, pihaknya pun mulai melakukan penyesuaian dengan meluncurkan ASITA Go. Sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pemesanan tiket pesawat, hotel hingga berbagai penawaran paket wisata.

“Dampak digitalisasi memang luar biasa dalam menggerus pasar. Oleh karena itu, rekan-rekan yang saat ini masih menggunakan sistem konvensional sudah mulai berbenah dengan melakukan pemasaran menggunakan sistem online,” ujarnya. (dna/zal)