Penanggulangan Penyakit Butuh Perda

289

PURWOREJO— Sebuah peraturan daerah (Perda) tentang penanggulangan penyakit perlu segera dibuat di Purworejo. Sebab, sejumlah penyakit menular masih menjadi momok bagi warga setempat. Di antaranya, Malaria, HIV/AIDS, Tuberkolosis, Leptospirosis, dan demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo Triyo Darmaji berpendapat, kasus persebaran penyakit-penyakit itu cenderung tinggi. Maka, untuk menekan persebaran penyakit tersebut, perlu dibuat Perda tentang Penanggulangan Penyakit.

Dikatakan, semakin merebaknya penyakit– baik menular maupun tidak menular–diperlukan  payung hukum untuk  mendukung tindakan yang berkaitan  penanggulangan, pemberantasan, dan pencegahan.

Triyo mencontohkan tingginya kasus HIV/AIDS, hingga saat ini tidak ada aturan khusus, baik di tingkat pusat sampai provinsi hingga daerah, yang mewajibkan pasangan calon pengantin melakukan pengecekan kesehatan. “Yang kita tahu, ada beberapa institusi yang mewajibkan anggotanya periksa kesehatan sebelum menikah. Tapi kalau masyarakat umum belum, itu perlu didorong ke sana,” katanya, Rabu (22/11) kemarin.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin, setidaknya bisa mendeteksi ancaman penyakit pada diri seseorang. Khususnya, penyakit HIV.  “Disitulah perlunya Perda. Ini akan menjadi sebuah terobosan bagus, karena saya belum pernah menemukan peraturan daerah yang mengatur hal itu.” (jpg/isk)