Bamboo Lighting Bakal Hiasi Malam Ketep Pass

371

MUNGKID—Even pariwisata di Kabupaten Magelang terus menggeliat. Setelah Festival Telaga Bleder, akhir pekan ini, akan dilaksanakan Bamboo Lighting Festival di Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kegiatan yang dikomandoi Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga ini, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 20-22 Oktober mendatang. Even ini hanya bisa dinikmati pada malam hari.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Iwan Sutiarso mengatakan, even ini digelar sebagai salah satu upaya Pemkab Magelang menghidupkan pariwisata di malam hari. Juga, memperlama kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magelang. “Kebetulan Bamboo Lighting Festival ini adalah yang pertama di Indonesia. Even besar semacam ini hanya pernah diadakan di Jepang.”

Untuk menyemarakkan acara ini, panitia menyajikan berbagai hiburan untuk dinikmati. Di antaranya,  mengundang musisi Uyau Moris dari Kalimantan. Musisi asli suku Dayak ini, bakal memadukan  musik tradisi Dayak, Jawa, Sumatra, dengan bermacam alat musik konvensional modern seperti drum, bass, kibor, dan gitar.  “Dia akan menghibur wisatawan pada malam minggu,” kata Iwan.

Kepala Bidang Promosi Ketep Pass, Edward Alfian menambahkan, panitia juga menyiapkan berbagai stand pameran. Pameran ini terdiri atas  potensi-potensi desa wisata, kuliner, kerajinan tangan, dan  sebagainya.

Kegiatan  juga disemarakkan dengan kirab gunungan, lomba foto, pameran tosan aji, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.  “Spesial pada malam minggu pengunjung akan mendapatkan bamboo letern (lentera bambu) yang akan dinyalakan secara bersamaan.”  (vie/isk)