Guru Korban Penipuan Bertambah

167

JOGJA—Korban penipuan voucher wisata palsu di Gunungkidul, DIY, semakin bertambah. Polsek Wonosari mencatat, setidaknya 30 guru dan karyawan sekolah yang diduga menjadi korban penipuan sudah melapor.

“Banyak korban penipuan voucher wisata yang telah melapor ke Polsek Wonosari. Jumlah sementara ada 30 orang, itu baru di Kecamatan Wonosari,” kata Kapolsek Wonosari Kompol Sutama, kemarin.

Kompol Sutama mengatakan, pelaku berinisial MCS, warga Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Modusnya, MCS menjual voucer wisata seharga Rp 150 ribu/lembar.

Pelaku membujuk rayu korban dengan potongan harga atau diskon voucher wisata, dengan nonimal cukup besar. Voucher wisata ditawarkan kepada guru dan karyawan di sekolah-sekolah di Gunungkidul, DIY.

Kejahatan pelaku terungkap, setelah korban tidak bisa menggunakan voucher di tempat wisata. “Pelaku menyasar guru di sekolah. Menjual voucher dengan banyak diskon, namun ternyata tidak bisa digunakan.”

Kompol Sutama mengatakan, pelaku ditangkap sejak Kamis (5/10) lalu dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. “Pelaku kami tahan di Polsek Wonosari.” Tersangka akan dijerat pasal 378 KUHP junto 65 tentang Penipuan. Ancaman hukumannya maksimal empat tahun penjara. (jpg/isk)