Terus Kembangkan Seni dan Budaya

308
JAGA TRADISI: Para siswa beserta Kepala SDN 7 Boja Kariyadi memainkan gamelan saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
JAGA TRADISI: Para siswa beserta Kepala SDN 7 Boja Kariyadi memainkan gamelan saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – SDN 7 Boja Kecamatan Boja tergolong sekolah yang memiliki perhatian besar terhadap kesenian. Pasalnya, sekolah ini mempunyai  program pengembangan bakat di bidang seni dan budaya.

Bahkan, mempunyai sarana pendukung yang lengkap. Bagi  Kariyadi,  Kepala SDN 7 Boja kesenian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidupnya. Dalam mendongkrak prestasi sekolahpun dia mempunyai manajemen  tersendiri yang disebutnya cara kerja dengan seni atau seni untuk meraih prestasi.

“Dari sejak awal  datang kesini 5 tahun yang lalu belum ada piala mencolok  sekarang sudah menjadi sekolah yang diperhitungkan dan langganan prestasi sekaligus  mempunyai unggulan dalam bidang seni,” ungkapnya.

Dalam program ekstrakulikuler yakni seni tari SDN 7 Boja bisa dibilang  mempunyai kelebihan dibanding sekolah lain di kabupaten Kendal baik dari segi pembinaan maupun sarana prasarana. Pasalnya, selain latihan rutin seminggu sekali setiap hari sabtu selama dua jam di sekolah, juga mempunyai  tempat latihan yang lebih mendukung  dan memadai.”Kebetulan saya juga punya sanggar tari yang bisa digunakan mendukung kegiatan ekstrakulikuler tari,” bebernya.

Tidak hanya itu, pelatihnya pun  dari  kalangan  profesional yang tidak lain  juga kepala sekolah sendiri.”Pelatihnya saya sendiri kebetulan saya juga anggota persatuan pelatih tari di Semarang,” ungkapnya.

Selain itu, dalam ekstrakulikuler Karawitan sekolahnya  mempunyai sarana yang tergolong lengkap untuk taraf sekolah dasar ”Kita sudah punya seperangkat alat gamelan sendiri  yang mungkin belum ada di sekolah lainnya,” beber kepala sekolah yang juga anggota Dewan Kesenian Kabupaten Kendal ini.

Soal kreativitas, tidak perlu diragukan, sekolah ini juga punya seperangkat  alat drum band yang terbuat dari alat-alat perkakas rumah tangga yang sering disebut drum blek dan kerap ditampilkan dalam berbagai event di Kecamatan Boja bahkan kerap meraih juara di tingkat Kecamatan. Satu lagi bidang kesenian  andalan SDN 7 Boja yakni tembang dolanan  yang kerap menorehkan prestasi di tingkat Kecamatan Boja dan Kabupaten Kendal. Maka tidak heran jika selama ini SDN 7 Boja menjadi sekolah yang cukup diperhitungkan di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten khususnya dalam bidang seni. (zen/bas)