Lansia Harus Bergerak

447

MAGELANG – Ribuan lansia di Kota Magelang antusias mengikuti Festival Ramah Lansia dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 di Alun-alun Kota Magelang, Jumat (8/9). Festival ini juga dalam rangka menyambut Hari Lansia Sedunia yang jatuh pada 1 Oktober mendatang.

Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus (Poltak) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Bayu Rahardian mengatakan, aktivitas yang menggembirakan dan menyenangkan lansia, khususnya aktivitas bergerak, dapat menurunkan proses penuaaan, osteoporosis, dan mencegah timbulnya berbagai rasa malas. Sebaliknya, gaya hidup santai justru meningkatkan risiko penyakit, pikun hingga kematian.

“Di Kota Magelang ini, sudah termasuk daerah ramah lansia, namun harus dikuatkan lagi dengan menggiatkan senam. Ramah lansia juga masuk dalam salah satu kriteria Kota Cerdas,” katanya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mendukung program Kemenpora, terlebih untuk menggalakkan kegiatan pra-lansia dan lansia berolahraga. Menurutnya program tersebut akan memotivasi masyarakat makin mencintai olahraga. “Lansia tidak boleh hanya berdiam diri, tapi tetap giat berolahraga untuk kebugaran dan terhindar dari penyakit-penyakit,” ungkapnya. (put/ton)