Bupati Luncurkan Saturday Night di Lolong

386
KEMBANGKAN PARIWISATA : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat berdiskusi dengan warga di Desa Lolong, kemarin malam (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KEMBANGKAN PARIWISATA : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat berdiskusi dengan warga di Desa Lolong, kemarin malam (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KAJEN–Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, akhirnya meluncurkan Saturday Night di Desa Lolong, Selasa (5/9) kemarin. Setelah sebelumnya video klip lagu Lolong ciptaan Ebiet G Ade yang dibuat dengan suasana asri Desa Lolong dan di-like lebih dari 10 ribu follower menyatakan tertarik berkunjung ke Desa Lolong.

Area Saturday Night di Lolong sendiri berlokasi tepat di sebelah Sungai Lolong. Ada bangunan untuk mengobrol yang dibuat asri oleh PT PLN Pekalongan, lengkap dengan bangunan, meja dan kursi. Suasana tersebut sangat enak dan nyaman untuk sekedar duduk santai sambil menikmati jembatan batu yang terbuat dari zaman Belanda.

Bupati Asip mengungkapkan bahwa wisata Desa Lolong sudah melegenda dan terkenal sejak dulu dengan eksotisme alamnya yang alami dan asri, jembatan batu buatan Belanda serta sungai yang sangat jernih dan bagus. Saat ini digunakan untuk olahraga air seperti tubing dan arung jeram/rafting.

Menurutnya, hutan pinus dan sungai yang jernih sempat membuat inspirasi penyanyi Ebiet G Ade untuk membuat lagu dengan judul Lolong. Bahkan buah durian Lolong, sudah sangat terkenal dan mendunia, karena festival durian tersebut.

“Saya tergerak dan berencana mempromosikan Desa Lolong yang sangat asri dan sejuk ke masyarakat luas. Salah satu cara me-launching Saturday Night atau bermalam minggu di desa ini pada  9 September malam nanti,” ungkap Bupati Asip.

Bupati Asip juga mengatakan bahwa setiap malam minggu, warga bisa berkumpul di Lolong, di tempat wisata cafe Lolong yang telah dibangun oleh PT PLN ini. Tempatya sangat menyenangkan untuk bersantai dengan keluarga, serta berkumpul dengan teman.

Menurutnya Cafe Lolong tersebut, akan menyediakan makanan dan minuman tradisional, yang semuanya akan dikelola oleh Pokdarwis pengelola desa Lolong. Termasuk dalam menyediakan durian lolong yang terkenal dengan kelezatannya.

“Saya berharap, semua PNS Kabupaten Pekalongan dapat menikmati malam minggu di Lolong. Tempat ini sangat bagus, bisa menikmati suara air yang gemericik, suasana hening dan udaranya sejuk sangat elok untuk malam mingguan bersama keluarga,” kata Bupati Asip berpromosi saat beramah tamah dengan warga Desa Lolong di lokasi.

Sementara itu, Kades Lolong, Soleh, menegaskan bahwa dirinya beserta seluruh warga desa sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh Bupati Pekalongan ini. Menurutnya, kedatangan Bupati ke Lolong akan membawa berkah yang luar biasa untuk desanya. Oleh karena itu, dirinya beserta seluruh warga siap mendukung apa yang menjadi harapan orang nomor satu di Kabupaten Pekalongan ini. “Harapan kami, semoga apa yang menjadi rencana Bupati bisa terlaksana dan akhirnya bisa mendongkrak ekonomi lokal masyarakat sini,” tegas Soleh. (thd/ida)