Kurbankan 159 Kambing dan 19 Sapi

422
DIBAGIKAN: Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang, Drs Usdiyanto M Hum secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada panitia penyembelihan SMA Taruna Nusantara, Jumat (1/9) kemarin (Agus Hadianto /Jawa Pos Radar Kedu).
DIBAGIKAN: Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang, Drs Usdiyanto M Hum secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada panitia penyembelihan SMA Taruna Nusantara, Jumat (1/9) kemarin (Agus Hadianto /Jawa Pos Radar Kedu).

MAGELANG – SMA Taruna Nusantara Magelang pada perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2017 mengumpulkan 159 ekor kambing dan 19 ekor sapi. Hewan kurban tersebut dibagikan kepada warga masyarakat sekitar.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Drs Usdiyanto, M Hum, Jumat (1/9), mengatakan, jumlah tersebut terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Untuk penyelenggaraan hewan kurban, menurut Usdiyanto, semuanya murni dilakukan oleh siswa. “Kami memang sengaja melibatkan siswa sebagai pembelajaran kehidupan sosial hingga agama. Awal pelaksanaan, pencarian hewan kurban, penyembelihan hingga pendistribusian juga dilakukan oleh siswa dengan didampingi pamong (guru, Red),” papar Usdiyanto.

Dalam pembagian hewan kurban tersebut, menurut Usdiyanto, diprioritaskan pada panti asuhan, masjid, serta warga masyarakat di lereng gunung Sumbing, Merapi, Merbabu. “Siswa menyurvei tempat-tempat yang memang layak untuk diberikan kurban. Jadi pembagian hewan kurban ini benar-benar tepat sasaran,” bebernya.

Hewan kurban tersebut merupakan hasil pengumpulan dari siswa, orangtua siswa, pamong dan alumni SMA TN. “Alhamdulillah kami diberikan kepercayaan oleh seluruh keluarga besar SMA TN dalam penyelenggaraan hewan kurban, ” paparnya.

Kepala Humas SMA TN, Drs Cecep Iskandar, mengatakan, pembagian hewan kurban juga diajukan oleh masyarakat melalui proposal permintaan hewan kurban melalui sekolah, panti asuhan, masjid dan masyarakat desa. “Untuk tahun ini, ada sekitar 139 proposal permintaan hewan kurban. Kami seleksi dan survei proposal tersebut. Jika sesuai, maka perwakilan tersebut akan kami panggil untuk mengambilnya di sini,” jelas pamong biologi tersebut.

Keterlibatan siswa, menurut Cecep, bukan hanya siswa muslim tetapi siswa nonmuslim pun ikut aktif mengikuti kegiatan tersebut. Dari sekitar 1.000-an jumlah siswa TN, menurut Cecep, sekitar 600-an lebih siswa muslim terlibat. “Siswa nonmuslim pun ikut membantu distribusi dan pengepakan hewan kurban yang akan dibagikan. Bahkan pada pelaksanaan puasa arafah kemarin, siswa nonmuslim juga ada yang ikut berpuasa. Sangat luar biasa kebersamaan siswa dalam keberagaman, ” jelas Cecep.

Angggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Imam Suroso yqng berkesempatan hadir, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan hewan kurban di SMA TN. “Kami salut. Seperti yang saya lihat, keterlibatan aktif siswa benar-benar menunjukkan upaya pendidikan sosial sekaligus keagamaan. Hal ini yang menjadikan siswa bisa mempunyai karakter kepemimpinan, ” papar Imam. (cr3/lis)