Gaet Investor dari Kalangan Mahasiswa

262

SEMARANGPT Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Semarang mencatat selama semester satu lalu investor di pasar modal di area Semarang dan Pantura bertambah hingga 2 ribu. Tiga puluh persen dari jumlah tersebut merupakan kalangan anak muda.

Kepala Kantor Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Semarang, Fanny Rifqi El Fuda, mengatakan, awal tahun lalu untuk area Semarang dan Pantura sudah ada sebanyak 10 ribu investor yang menginvestasikan dananya di pasar modal. Kemudian hingga akhir Juli bertambah menjadi 12 ribu investor.

Dari total 12 ribu investor tersebut, separuhnya merupakan investor yang berada di usia kerja dengan kondisi yang cukup mapan, yakni antara umur 30 hingga 40 tahun, kemudian 30 persen berasal dari anak muda dengan usia antara 17 hingga 20-an tahun, sisanya mereka yang berada pada usia di atas 40 tahun.

“Pertumbuhan investor tersebut masih separuh jalan, karena target kami hingga akhir tahun terdapat penambahan hingga 5 ribu investor,”ujarnya, kemarin.

Karena itu, pihaknya berupaya mengedukasi masyarakat, khususnya mahasiswa karena dinilai cukup potensial untuk berpartisipasi dalam pasar modal. Di antaranya dengan mendirikan galeri investasi di sejumlah perguruan tinggi di area Semarang dan Pantura.

“Baru-baru ini kami tambah tiga galeri investasi di tiga kampus di Salatiga dan Pekalongan. Sehingga total saat ini sudah ada 20 galeri investasi dengan 15 galeri di antaranya berada di Kota Semarang,”kata Fanny.

Menurutnya, mahasiswa menjadi salah satu target yang potensial, karena mereka lebih mudah menerima hal-hal baru. Selain itu, semakin muda dalam memulai berinvestasi juga dinilai akan semakin lebih baik. Karena itu, pihaknya gencar mendirikan galeri investasi.

“Di jurusan ekonomi pasti ada mata kuliah pasar modal. Alih-alih sekadar belajar teori, mereka juga kami ajak untuk praktik menjadi investor dengan langsung membuka akun,”ujarnya.(dna/aro)