Kesehatan Awak Angkutan Diperiksa

856
PERIKSA SOPIR : Petugas Polres Magelang Kota dan Dinas Perhubungan mengecek kesehatan awak angkutan di kantor PO Handoyo. (Agus Hadianto/Radar Kedu)
PERIKSA SOPIR : Petugas Polres Magelang Kota dan Dinas Perhubungan mengecek kesehatan awak angkutan di kantor PO Handoyo. (Agus Hadianto/Radar Kedu)

MAGELANG – Tim gabungan Kepolisian Resor Magelang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Magelang memeriksa kesehatan sopir dan awak angkutan di Terminal Tidar dan kantor PO Handoyo, Jumat (16/6). Pemeriksaan ini sebagai langkah antisipasi keselamatan penumpang dalam arus mudik Lebaran 2017.

Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo melalui Kasatlantas AKP Marwanto, mengatakan, pemeriksaan kesehatan kepada sopir bus sangat penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan penumpang. “Ada 45 sopir yang kita lakukan pemeriksaan, baik pemeriksaan fisik juga pemeriksaan dalam. Semua sopir tes urine agar mengetahui bahwa sopir tidak mengonsumsi miras. Hasilnya negatif,” beber Marwanto.

Meski dalam pemeriksaan para sopir dinyatakan negatif dalam mengkonsumsi miras, Marwanto tetap mengimbau agar sopir dan awak angkutan selama arus mudik dan balik tidak mengonsumsi miras di manapun. Ia juga meminta agar para sopir untuk tetap berkonsentrasi dan berhati-hati selama di jalan.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga memeriksa kesiapan angkutan mudik terutama bus besar sesuai kelaikan keselamatan. “Kami meminta agar sopir juga rutin mengecek masalah rem, mesin serta palu pemecah kaca. Kesemuanya harus diperiksa dengan cermat agar tidak ada permasalahan lain, mudik aman lancar.” (cr3/ton)