Perkuat Layanan Publik lewat Twitter Kemala

711
TEKEN KERJA SAMA: Kepala Diskominfo Jateng, Dadang Soemantri dan Perwakilan Twitter Asia Pasific, Wily Wan menandatangani nota kesepahaman kerja sama di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kemarin. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TEKEN KERJA SAMA: Kepala Diskominfo Jateng, Dadang Soemantri dan Perwakilan Twitter Asia Pasific, Wily Wan menandatangani nota kesepahaman kerja sama di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kemarin. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pemprov Jateng terus berupaya mempermudah pelayanan publik. Salah satunya dengan menggandeng Twitter Asia Pasifik dengan meluncurkan layanan Twitter Kemala (Kelola Melantas Layanan). Dengan layanan tersebut, masyarakat akan lebih mudah berkomunikasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Jateng.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng, Dadang Soemantri mengatakan layanan yang dibuat pihak Twitter ini baru kali pertama diimplementasikan di Asia Tenggara. Karena diinisiasi Gubernur Ganjar Pranowo, Jateng pun dipercaya menjadi pilot project.

Nantinya, masyarakat yang punya keluhan atau ingin melaporkan sesuatu, bisa diunggah ke Twitter dengan hashtag #KemalaJateng. Keluhan itu akan langsung diteruskan ke OPD yang berkaitan langsung dengan keluhan atau laporan yang disampaikan.

Dadang melanjutkan, selama ini pengguna Twitter berkomunikasi aktif langsung dengan gubernur @ganjarpranowo. Kicauan yang mencolek akun milik Ganjar Pranowo itu di-retweet ke OPD terkait. ”Jadi nanti hanya dengan hastag #KemalaJateng, bisa langsung diproses OPD terkait,” tegasnya.

Dijelaskan, sejak 2013 silam, seluruh personel Pemprov Jateng diwajibkan punya akun media sosial (medsos). ”Kenapa harus Twitter? Karena platformnya paling simpel dan mudah dioperasionalkan,” katanya di sela-sela launching Twitter Kemala di gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (13/6).

Public Policy Lead Twitter Indonesia, Agung Yudha Wiranata, menjelaskan lewat Twitter Kemala, seluruh masyarakat dapat melapor dan mengadukan masalah di lapangan tanpa harus me-mention dinas tertentu. Dengan hanya mencatumkan tagar #KemalaJateng, sebuah twit akan langsung masuk ke akun dinas terkait sesuai masalah yang dilaporkan.

Misalnya, laporan soal perikanan akan langsung masuk ke Dinas Perikanan dan Kelautan melalui akun @dkpjateng. Kemudian keluhan soal jalan rusak ke Dinas Pekerjaan Umum di akun @dpusdatarujtg.

Menurut Agung, Twitter Kemala adalah dashboard yang disediakan untuk memudahkan tugas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Twitter menilai Ganjar adalah kepala daerah yang paling banyak menggunakan Twitter sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. (amh/ric/ce1)