Mudik Kian Dekat, Perbaikan Jalan Dikebut

1556
LALU LINTAS TERSENDAT : Jalan pantura Dr Sutomo Kota Pekalongan sedang diperbaiki, sehingga pengendara yang menuju arah Jakarta diminta bersabar. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
LALU LINTAS TERSENDAT : Jalan pantura Dr Sutomo Kota Pekalongan sedang diperbaiki, sehingga pengendara yang menuju arah Jakarta diminta bersabar. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

PEKALONGAN-Jalur Pantura Pekalongan-Batang diprediksi menjadi jalur yang padat saat musim mudik Lebaran 2017 besok. Walaupun ada tol fungsional, jalan utama dipastikan tetap akan padat kendaraan. Karena itulah, mendesak dilakukan perbaikan jalan, sebagaimana yang sedang dilakukan di sepanjang Jalan Dr Sutomo Kota Pekalongan.

Perwakilan Pelaksana Proyek dari Perwakilan PPK 07 Plelen, Widyo menjelaskan bahwa paket perbaikan jalan di Jalan Dr Sutomo, harus mengerjakan kurang lebih untuk arah Semarang total jalan sepanjang 600 meter, kemudian untuk arah Jakarta total ada 1.200 meter.

“Perbaikan jalan kami kebut, agar bisa selesai tepat waktu. Kami menggunakan CMM (Cold Milling Machine), aspal yang rusak kami kupas dulu, baru diganti aspal yang baru,” jelasnya, Senin (12/6) kemarin.

Untuk jalur arah Semarang, sudah selesai dikerjakan selama dua hari. Kini tinggal untuk jalur arah Jakarta yang akan diperbaiki. Masih menggunakan sistem yang sama, pengerjaan dilakukan segera. Karena titik kerusakan lebih banyak, pengerjaan butuh waktu yang agak lama sekitar 4 hari. “Kami targetkan hari Rabu (14/6) sudah bisa selesai semua dan siap dilalui pemudik,” jelasnya.

Terkait efek yang ditimbulkan dari perbaikan jalan tersebut, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmawati mengatakan sudah siap melakukan rekayasa lalu lintas. “Untuk kelancaran arus, jelas kami lakukan rekayasa lalulintas. Kalau memang cukup macet, akan kami lakukan contra flow,” kata Kasatlantas, Senin (12/6) kemarin.

Diungkapkan lebih lanjut, untuk di Kota Pekalongan sendiri sudah dilakukan beberapa perbaikan di jalur puasa. Seperti di Jalan KH Mas Mansyur yakni di sekitar perlintasan sebidang, juga dilakukan perbaikan di ruas Jalan Wilis, Jalan Sriwijaya dan Jalan Slamet.

Pengerjaan di Jalan Slamet, berupa peninggian jalan dan betonisasi di sekitar perlintasan sebidang sudah selesai dilakukan. Saat perbaikan jalan, Satlantas menutup total jalur tersebut dan kendaraan dilewatkan jalur tengah kota. Selain di ruas-ruas jalan tersebut, sebelumnya juga dilakukan perbaikan lantai Jembatan Grogolan. (han/ida)