Jaring Inovasi Pelayanan Publik

653
Arif Barata Sakti. (DOK HUMAS PEMKOT )
Arif Barata Sakti. (DOK HUMAS PEMKOT )

MAGELANG–Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang Arif Barata Sakti mengklaim, peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik, belum diimbangi inovasi untuk memenuhi harapan masyarakat.

Karena itu, pihaknya akan menggelar lomba Kreativitas dan Inovasi Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (Krenova OPD BUMD). Tujuannya, sebagai upaya untuk memunculkan inovasi kreatif dalam kategori tata kelola pemerintahan. “Perlu upaya percepatan peningkatan itu.”

Arif menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, melakukan langkah kebijakan, dengan menetapkan gerakan Satu Instansi, Satu Inovasi. Tujuannya, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang memiliki kepentingan untuk memfasilitasi, karena kesesuaian konteks dengan visi misi kepala daerah.

Ada beberapa tahapan lomba. Tahap pertama pengajuan proposal serta penilaian I dan II (Mei-Juli), penilaian III dan IV (Juli). Dalam tahapan tersebut, akan diambil Top 15 Krenova OPD dan BUMD.

Selanjutnya, penilaian V dan VI (Agustus) akan mengambil lima besar. Sedangkan tahap terakhir, pengumuman dan penyerahan penghargaan Top 3 Krenova OPD dan BUMD pada apel HUT RI pada 17 Agustus mendatang. “Ada empat kategori lomba Inovasi pelayanan publik.” Pemenang yang memenuhi kriteria akan mendapat piagam dan uang pembinaan dari wali kota. (put/isk)