Palebon Juara Umum Kampung Hebat

Wawali Ingin Tahun Depan Digelar Lagi

1441
RAYAKAN HARI JADI: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wawali Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama camat dan kepala OPD berfoto bersama usai peringatan HUT ke-470 Kota Semarang. (Bawah) Para lurah yang meraih juara I Kampung Hebat berfoto bersama dengan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Djaka Sukawijadja dan General Manager Jawa Pos Radar Semarang Surasto Ismu Puruhito. (FOTO-FOTO: ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RAYAKAN HARI JADI: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wawali Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama camat dan kepala OPD berfoto bersama usai peringatan HUT ke-470 Kota Semarang. (Bawah) Para lurah yang meraih juara I Kampung Hebat berfoto bersama dengan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Djaka Sukawijadja dan General Manager Jawa Pos Radar Semarang Surasto Ismu Puruhito. (FOTO-FOTO: ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG Para juara program Kampung Hebat 2016-2017 diumumkan saat peringatan HUT ke-470 Kota Semarang di halaman balai kota, Selasa (2/5) kemarin. Kelurahan Palebon, Kecamatan Pedurungan terpilih menjadi juara umum lomba yang digagas Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang ini. Wilayah yang dipimpin Lurah Siswantoro tersebut menyabet Juara I kategori Kampung Bersih dan Juara I Kantor Kelurahan Terbaik. Piala dan sertifikat langsung diserahkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

”Meski sudah ditentukan para juaranya, kelurahan dan warga yang kalah tidak boleh patah arang. Harus tetap menujukkan kreativitas dari daerah masing-masing. Tujuannya tentu untuk memajukan Kota Semarang dan membuat wilayah yang ditinggali menjadi hebat,” kata Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Wanita yang akrab disapa Mbak Ita ini meminta agar pihak kelurahan terus mendorong warganya tidak kendur dalam mewujudkan wilayah yang sehat, bersih, kreatif inovatif, rukun dan aman, hingga agamis dan toleran dan belajar dari para pemenang. ”Kalau yang kalah tidak boleh terus kendur, harus terus didorong dan mencontoh apa yang dilakukan para pemenang. Kalau wilayah yang menang juga harus mempertahankan, tidak terus jumawa,” pesannya.

Ia secara pribadi mengapresiasi gelaran Kampung Hebat ini. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa menjadi sarana dan wadah setiap daerah menunjukkan eksistensi dan bisa menjadi jembatan untuk menyeleraskan program dari Pemerintah Kota Semarang yang telah dirancang sebelumnya. ”Kegiatan ini sangat positif, ke depan Jawa Pos Radar Semarang bisa kembali menggelar ajang yang sama dan dilakukan secara rutin setiap tahun,” harapnya.

Event yang berlangsung sejak Oktober 2016 hingga April 2017 ini di-support sejumlah sponsor. Antara lain, Go-Jek, Semen Indonesia, Global Elektronik, Viar Motor Indonesia, Alfamart, PGN, Sido Muncul, Coca Cola dan Pertamina.

Selain Palebon, wilayah lain yang meraih juara adalah Kelurahan Pleburan yang meraih juara I kategori Kampung Go Green, disusul Kelurahan Mangunsari, Gunungpati juara II, dan juara III diraih Kelurahan Lamper Tengah, Semarang Selatan.

Untuk kategori Kampung Sehat, juara I diraih Kelurahan Ngesrep, Banyumanik; juara II Kelurahan Mangunharjo, Tembalang, dan juara III Kelurahan Plalangan, Gunungpati. Kategori Kampung Bersih,  juara I Kelurahan Palebon, Pedurungan; juara II Kelurahan Krapyak, Semarang Barat dan  juara III Kelurahan Pindrikan Lor, Semarang Tengah. Umum Kampung Hebat

Untuk kategori Kampung Kreatif dan Inovatif, juara I diraih Kelurahan Pedalangan, Banyumanik; juara II Kelurahan Bubakan, Mijen, serta juara III Kelurahan Kandri, Gunungpati. Kategori Kampung Rukun dan Aman, juara I disabet Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat; juara II Kelurahan Pedurungan Kidul, Pedurungan, dan juara III Kelurahan Kebonagung, Semarang Timur.

Kategori Kampung Agamis dan Toleran, juara I diraih Kelurahan Mangunharjo, Tembalang; juara II Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat, dan juara III Kelurahan Sumurejo, Gunungpati. Sedangkan kategori PKK Terbaik, juara I disabet Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan; juara II Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat, dan  juara III Kelurahan Tandang, Tembalang.

Kategori terakhir, yakni Kantor Kelurahan Terbaik,  juara I Kelurahan Palebon, Pedurungan; juara II Kelurahan Kalibanteng Kulon, Semarang Barat, dan juara III Kelurahan Tugurejo, Tugu.

Lurah Palebon Siswantoro yang wilayahnya berhasil menyabet juara umum serta juara I kategori Kampung Bersih dan juara I Kantor Kelurahan Terbaik mengaku tidak menyangka bakal memborong juara. ”Saya kaget, senang, sekaligus bangga atas capaian ini,” ujar lurah berkacamata tebal ini.

Ia mengungkapkan, prestasi diraihnya itu tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan warganya dalam menjaga kebersihan dan keindahan kampung. ”Saya selalu tanamkan ke warga setiap pertemuan, apalagi event ini sangat prestisius, warga pun berkomitmen untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik,” katanya.

Lurah Ngesrep, Sapto Dwi Karnadi, yang berhasil menyabet Juara I kategori Kampung Sehat mengatakan, pihaknya selalu memberikan motivasi guna menggerakkan warganya bergotong royong dan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) setiap Jumat pagi. “Warga juga guyub dan rukun meski banyak yang berasal dari kalangan menengah ke atas,” ujarnya.

Lurah Pleburan, Eka Kriswati, mengaku bangga atas capaian yang dilakukan warganya, dan berhasil meraih juara kategori Kampung Go Green.  Menurutnya, keasrian wilayahnya bisa diwujudkan dengan vertical garden. Hal itu dilakukan untuk menyiasati keterbatasan lahan. ”Wilayah kami ada di pusat kota, namun kami menggunakan terobosan agar tetap tampak ijo royo-royo, yakni dengan membuat vertical garden. Alhamdulillah usaha kami berhasil dan memberikan gelar juara,” ucapnya bangga.

Hal senada diungkapkan Lurah Pedalangan, Nani Kusrini. Ia mengaku, jika pihaknya memang sengaja mempersiapkan beberapa potensi unggulan mulai dari perajin batik, kain rajut dan lainnya. ”Kami memaksimalkan potensi yang ada, kegiatan tersebut pun sengaja dibentuk untuk mengangkat perkonomian warga. Alhamdulillah malah menyabet juara I Kategori Kampung Kreatif dan Inovatif,” katanya. (den/hid/aro/ce1)