Tampung Informasi, Carikan Solusi

1097
Nydia Elvareta. (DOKUMEN PRIBADI)
Nydia Elvareta. (DOKUMEN PRIBADI)

MEMANDU dan membantu. Itulah yang dilakukan Nydia Elvareta dalam menjalankan tugasnya sebagai gatekeeper di Radio Idola FM Semarang. Tidak seperti penyiar kebanyakan, Nok Nydia –panggilan akrabnya—menampung segala informasi dari masyarakat, kemudian menyiarkan kembali lewat udara secepat mungkin.

”Tanggung jawab saya menampung informasi dari masyarakat, kemudian mengudarakan kembali informasi itu. Yang menantang, saya harus mencarikan solusi atas keluhan masyarakat terhadap layanan publik,” ujar dara kelahiran, Semarang, 2 April 1996 ini, kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dikatakan, di era sekarang, sosok penyiar radio tidak sekadar pandai bercuap-cuap di depan mikrofon untuk menghibur pendengar, namun harus juga memberikan edukasi dan informasi, serta solusi kepada masyarakat.

Putri pasangan Kany Haryanto dan Emmy Puji ini setiap hari harus menghadapi tiga telepon di meja kerjanya, termasuk mencarikan solusi warga yang mengadu lewat Twitter, SMS dan WhatsApp Radio Idola FM. Dan, yang tak pernah ketinggalan, dirinya selalu meng-up date informasi arus lalu lintas baik di jalan raya maupun jalan tol.

”Informasi lalu lintas selalu ditunggu-tunggu pendengar, apalagi jelang hari libur atau akhir pekan di mana mobilitas berkendara masyarakat meningkat,” tutur mahasiswi semester akhir Broadcasting Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini.

Sejauh ini, ia mengaku senang bekerja di radio. Setidaknya, bisa menambah pengetahuannya, termasuk semakin mengenal seluk-beluk Kota Semarang dan sekitarnya. ”Saya merasa puas jika informasi yang kami siarkan mendapat respons dari pendengar maupun stakeholder terkait,” katanya. (mg30/aro/ce1)