HAMI Buka Pintu Semua Organisasi Advokat

856

SEMARANG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Kota Semarang resmi dilantik, Jumat (31/3) kemarin. Pengukuhan dilakukan oleh  Ketua DPD HAMI Jateng, Sujiarno Broto Aji di Hotel @Home, Kota Semarang.

Menurut Sujiarno, saat masuk kali pertama di Kota Semarang, dinamika organisasi HAMI memang sangat luar biasa. Namun ia menegaskan keberadaan HAMI adalah pilot project bersatunya semua organisasi advokat.

”Di organisasi HAMI, semua organisasi advokat bebas masuk, dedikasi akan kita berikan secara maksimal, artinya kita tidak bisa dinilai sebelah mata,” tandasnya.

‎Dia juga berharap semua organisasi advokat bersedia memberi kesempatan terhadap advokat-advokat muda, untuk duduk di kepengurusan. Oleh karena itu, perlu diberi peluang maju menjadi ketua dalam organisasi advokat, seperti Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), Kongres Advokat Indonesia (KAI) dan lainnya, sehingga sebuah organisasi advokat bisa berkembang dan berdaya guna.

”Bagaimanapun namanya advokat bisa berdiri di semua lini, bebas berdiri di mana pun, jadi kita juga bagian dari aparat penegak hukum,” ungkapnya.

Ketua HAMI Kota Semarang terpilih, Ahmad Reza Fahruddin menyampaikan, pihaknya ingin mempersatukan advokat di Kota Semarang, sehingga tidak terkotak-kotak dengan perbedaan organisasi. ”HAMI siap ikut mewarnai 4 catur wangsa di Kota Semarang, jadi pendekatan-pendekatan secara penegakan hukum akan kita lakukan,” katanya.

Menurutnya, HAMI hadir dengan tatanan advokat-advokat muda yang siap untuk merawat organisasi. ”Kami juga akan belajar terlebih dahulu menjadi advokat yang baik, kemudian organisasinya. Kami juga meminta semua masukan dan arahan dari semua senior advokat yang ada,” tandasnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelantikan, Darius Laturette berharap kehadiran HAMI dapat memberikan warna bagi penegakan hukum di Kota Semarang. ”Kami harapkan HAMI bisa menjadi wadah persatuan dan kesatuan advokat di Kota Semarang,” ujarnya. (jks/zal/ce1)