Mau Dikenal Luas, Harus Rajin Promosi

860
PROMOSI KURANG: Pengunjung keluarga sedang menikmati wahana permainan di Taman Kyai Langgeng. (Puput.puspitasari@radarkedu.com)
PROMOSI KURANG: Pengunjung keluarga sedang menikmati wahana permainan di Taman Kyai Langgeng. (Puput.puspitasari@radarkedu.com)

MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang meminta Perusahaan Daerah Obyek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng (TKL) maksimalkan biaya promosi. Tujuannya agar masyarakat tertarik berkunjung dan mencoba wahana-wahana yang ada di taman seluas 27,36 hektare ini.

Sekda Kota Magelang Sugiharto menyoroti penggunaan biaya promosi pada 2016 yang hanya 37,31 persen dari anggaran. Menurutnya, itu tak cukup untuk membuat TKL populer. Agar bisa bersaing, manajemen TKL harus gencar mengekpose wahana unggulannya.

“Misalnya wahana 6 Dimensi,” katanya saat memberikan pembinaan kepada manajemen TKL.

Ia juga meminta, agar semua karyawan TKL juga membatu promosi. Minimal, promosi ke keluarga, teman ataupun tetangga. Dengan demikian, jumlah pengunjung akan meningkat setiap tahunnya. Tahun ini, jumlah pengunjung diharapkan bisa meningkat dari tahun lalu yang mencatat kunjungan sebanyak 561.394 orang. “Imbasnya, pendapatan dan laba perusahaan meningkat,” tuturnya.

Selain ke TKL, Sugiharto juga bersafari  ke Perusahaan Daerah (PD) Percetakan. Ia menjelaskan, percetakan mampu meraih laba sebesar Rp 198.972.032 di tahun 2016. Jumlah ini melebihi dari yang ditargetkan dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) sebesar Rp 195.062.725.

“Capaian ini harus dipertahankan dan ditingkatkan supaya kesejahteraan karyawannya juga meningkat,” tambahnya.

Ia punya strategi untuk menunjang pendapatan perusda. Yakni dengan mengimbau seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD menggunakan jasa atau produk dari PD Percetakan.

Sementara itu, Direktur TKL Edy Susanto menyambut baik arahan Sekda. Ia akan terus berinovasi dan meningkatkan promosi. Pihaknya telah menerapkan tiket terusan untuk 10 wahana gratis guna menarik pengunjung berwisata di TKL. (put/ton)