Ruang Kendali Bupati Belum Berfungsi

625
BELUM BEROPERASI: Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat peresmian Ruang Kendali Bupati di lantai bawah kantor Setda Wonosobo, 29 Desember 2016. (Sumali.ibnuchamid@jawapos)
BELUM BEROPERASI: Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat peresmian Ruang Kendali Bupati di lantai bawah kantor Setda Wonosobo, 29 Desember 2016. (Sumali.ibnuchamid@jawapos)

WONOSOBO – Ruang Kendali Bupati yang berada di lantai bawah Setda Wonosobo sampai hari ini belum berfungsi. Padahal ruangan tersebut ditargetkan menjadi pusat kontrol pembangunan Wonosobo berbasis IT. Alasannya, ruang yang diresmikan pada 29 Desember 2016 lalu itu belum beroperasi karena belum memiliki staf yang ditempatkan sebagai petugas operasional.

“Selain belum ada staf karena SK penetapan juga masih diproses, juga terkait pengelolaan pusat kendali, nantinya apakah di Bagian Humas dan Umum atau Dinas Komunikasi dan Informatika, masih kami kaji lebih lanjut,” terang Kepala Bagian Humas dan Umum Setda Santosa.

Pusat Kendali Bupati, sebagaimana dijelaskan oleh Mantan Kabag Umum Setda, Tono Prihantono, merupakan salah satu media bagi pimpinan daerah untuk memantau kinerja pemerintahan Kabupaten Wonosobo. Di dalamnya, Bupati maupun Wakil Bupati dan para pejabat di lingkup birokrasi Pemkab Wonosobo bisa melihat sejauh mana capaian ataupun target dari program kerja yang telah direncanakan sebelumnya di setiap OPD.

“Bahkan melalui layanan terkoneksi internet, Bupati bisa secara langsung menjawab keluhan-keluhan warga masyarakat yang disampaikan melalui media sosial maupun pesan singkat SMS,” beber Tono.

Terkait dengan operasionalisasi Pusat Kendali Bupati, pria yang kini menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Setda itu mengaku telah menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Kominfo. “Serah terima aset sudah selesai antara Bagian Umum dan Bagian Komtel Setda dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, termasuk mengenai sumber daya manusia (SDM)-nya,” tandas Tono.

Selain dikerjakan para staf PNS, operasional Pusat kendali Bupati juga masih akan dikawal oleh Tim TI Pemkab, yang berisi tenaga ahli non-PNS. Diharapkan, dalam waktu tak lama lagi ruangan yang berada di lantai 1 Kantor Bupati Wonosobo itu bisa dimanfaatkan, sehingga menunjang kinerja serta memudahkan pimpinan daerah mengambil keputusan-keputusan strategis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ali/ton)