Puluhan Lansia Ikuti Pengobatan Gratis

631
GRATIS: Beberapa lansia terlihat antusias dalam mengikuti pengobatan gratis yang dilakukan oleh PT CCAI Bawen, kemarin. (ISTIMEWA)
GRATIS: Beberapa lansia terlihat antusias dalam mengikuti pengobatan gratis yang dilakukan oleh PT CCAI Bawen, kemarin. (ISTIMEWA)

UNGARAN–Puluhan lansia di Desa Jatijajar Kecamatan Bergas, berbondong-bonding mengikuti pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis yang dilakukan oleh PT Coca-cola Amatil Indonesia (CCAI).

Salah satu lansia yang mengikuti pengobatan tersebut asalah Sumarningsih, 64, warga Desa Jatijajar, mengeluhkan jika dirinya kerap merasakan nyeri tulang. “Terutama kalau pas hawane (cuacanya) dingin, badan pegal-pegal semua seperti rematik,” ujar Sumarningsih, Selasa (31/1) kemarin.

Pengobatan gratis tersebut dilakukan sendiri oleh poliklinik PT CCAI Bawen. Menurut dokter Poliklinik PT CCAI Bawen, Epsilon Dewanto penyakit rematik menyerang area persendian serta anggota gerak seperti tulang sendi, otot dan tulang belakang dan akan menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

“Umumnya penyakit rematik ini menyerang pada orang tua (lansia) mau laki laki atau perempuan. Tak menutup kemungkinan, orang yang masih muda terjangkit penyakit ini,” katanya.

Dijelaskan Epsilon, penyakit rematik tersebut memang sangat mengganggu karena rasa nyerinya yang menyerang daerah persendian dari bagian kepala hingga sendi pada bagian kaki. “Sehingga bisa membatasi ruang lingkup untuk beraktifitas,” katanya.

Ia menyebutkan, gejala umum yang ditimbulkan dari penyakit rematik yaitu penyakit itu kambuh pada saat perpindahan cuaca dari panas ke dingin. “Pada saat cuaca mendung atau mau hujan serta setelah mengkonsumsi pantangan makanan seperti kangkung, sayur bayam, kelapa dan santan,” ujarnya.

Adapun pencegahan yang dapat dilakukan, lanjutnya yaitu membiasakan berpola hidup sehat dari segi makanan maupun aktifitas. “Kurangi asupan makanan yang berkalori tinggi. Konsumsilah makan sehat seperti buah buahan dan sayuran seperti asparagus, apel, alpukat, semangka serta strawberry,” ujarnya. Selain itu juga selalu berolahraga. Menurutnya, usia senja bukan berarti alasan untuk menyurutkan niat berolah raga.

Kepala Humas PT CCAI Jawa Tengah, Ida Lukitowati mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan beroperasi. “Dengan segala komitmennya, kita selalu berupaya melayani apa yang dibutuhkan masyarakat khususnya pada kesehatan,” katanya. (ewb/ida)