Menjaga Hubungan Kekeluargaan Antar Member

Lebih Dekat dengan Komunitas Max Riders Semarang (Mars)

554

Komunitas Max Riders Semarang (Mars) boleh dibilang pendatang baru di ranah komunitas otomotif. Meski begitu, kumpulan pencinta motor Yamaha Nmax ini patut diperhitungkan lantaran punya trik jitu dalam menggaet anggota baru. Seperti apa?

AJIE MAHENDRA

SALAH satu anggota Mars, Yopi Budiarto, termasuk korban gebrakan Mars. Dia mengaku langsung jatuh hati ketika diajak ’mencicipi’ kegiatan Mars akhir 2016 lalu. Padahal dia mengaku tidak pernah punya niat ikut komunitas, karena rentetan predikat negatif yang biasanya melekat di klub otomotif.

Saat itu, dia ikut touring pendek dengan rute Semarang-Bandungan. ”Saya langsung jauh hati. Pengin gabung. Saya kagum sama hubungan kekeluargaan antar member,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dia merasa ada sensasi ketika bergabung dengan Mars. Yang paling kelihatan adalah tidak melihat latar belakang masing-masing anggota. Mereka menganggap, sudah sebagai satu keluarga. Tidak peduli dari kalangan PNS, pengusaha, anak muda, bahkan beda agama.

Dari perbedaan latar belakang tersebut, pengusaha online ini jadi punya banyak relasi. Entah untuk berbagi informasi, menjalin bisnis, dan lain sebagainya. Praktis pelanggannya pun bertambah. Tidak jarang, ketika kumpul-kumpul santai, ada transaksi jual-beli. Selain itu, Yopi merasa mendapat banyak ilmu terkait safety riding.

”Jadi, lebih tahu bahwa ketika mengendarai sepeda motor tidak hanya dari segi kelengkapan berkendara seperti helm dan surat-surat kendaraan, cara berpakaian juga penting,” ujarnya.

Dia baru sadar jika keselamatan berkendara tidak melulu soal helm.  ”Ternyata naik sepeda motor hanya menggunakan sandal kurang aman dibandingkan dengan menggunakan sepatu,” katanya.

Koordinator Divisi Kopi Darat Mars, Enrico Adrian Ramadhan, menambahkan, Mars selalu kumpul setiap Jumat malam di Jalan Pemuda Semarang. Selain untuk mempererat kekeluargaan, juga menggelar edukasi mengenai safety riding. Mulai peraturan lalu lintas, etika berkendara, juga cara berpakaian dan aksesori motor yang baik.

”Misalnya, lampu tidak menggunakan lampu HID yang bisa mengganggu pandangan pengendara lainnya,” paparnya.

Dijelaskan, bagi pemilik Nmax yang ingin bergabung dengan Mars, bisa datang langsung ketika kumpul. Pihaknya membuka pintu lebar-lebar. ”Kami akan menyambut dengan senyuman. Kan tambah keluarga,” katanya. (*/aro/ce1)