Perluas Pelayanan, Serahkan Klaim JHT Langsung

857

SEMARANG­-BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit senantiasa memperluas pelayanannya. Kali ini dengan mendatangi masyarakat secara langsung untuk memberikan klaim jaminan hari tua (JHT).

Yang beruntung adalah Mujiono, yang sebelumnya menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Namun Mujiono kini tergolek lemah dan tidak bisa melakukan aktivitas apapun karena mengidap tumor di bagian kepala. Mujiono menerima tabungan yang terhimpun di BPJS Ketenagakerjaan selama bekerja di TK Dian Asih. “Kami mengantar klaim JHT beliau karena memang tidak mungkin datang untuk mengurus sendiri ke kantor,” kata Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit, Sri Nurti.

Mujiono sendiri mengaku bersyukur dan berterimakasih dengan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Harapan mereka, uang tabungan yang terkumpul tersebut dapat digunakan untuk pengobatan lanjutan. “Setahun lebih tidak bisa bekerja. Rencananya, klaim yang didapatkan untuk pengobatan,” ungkap Mujiono.

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit, Yosef Rizal, mengungkapkan selama ini pihaknya melakukan jemput bola untuk menambah jumlah peserta baru, dengan melakukan sosialisasi di berbagai tempat dengan kuantitas hampir setiap minggu. “Sosialisasi ini penting kami lakukan, mengingat hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami seberapa penting keikutsertaan mereka di BPJS Ketenagakerjaan,” kata Yosef.

Dengan menjadi peserta BPJS TK, maka para pekerja bisa memperoleh empat jaminan sosial, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun. Untuk jumlah peserta BPJS TK sendiri khusus di Cabang Semarang Majapahit hingga akhir tahun lalu tercatat sebanyak 102 ribu peserta.

Kepala Bidang Pemasaran BPJS TK Cabang Semarang Majapahit, Unggul Syaflan, menambahkan bahwa dari 102.000 peserta yang ada, 7.600 peserta adalah peserta informal. “Berarti jumlah peserta formal masih mendominasi, tepatnya sebanyak 94.400 peserta formal,” terangnya. (den/ida)