Lebaran Bisa Digunakan

Pembebasan Lahan Tol Capai 100 Persen

400

BATANG-Jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang dipastikan akan bisa digunakan pada saat mudik Lebaran mendatang. Bahkan untuk proses pembebasan lahan sendiri hingga saat ini sudah selesai 100 persen untuk wilayah Kabupaten Batang. Kini, pihak rekanan tinggal menyelesaikan pembangunan agar proyek tersebut bisa segera selesai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi proyek pembangunan jalan tol Batang-Semarang di Desa Lawangaji, Kecamatan Kandeman, mengungkapkan bahwa perjalanan pembangunan jalan tol untuk Batang-Semarang sejak dirinya masih menjadi Wali Kota Solo. Ruas ini tidak kunjung terselesaikan sejak tahun 1996, namun sekarang pembangunan sudah dapat dilaksanakan.

“Hari ini, khusus pembebasan lahan di Kabupaten Batang selesai 100 persen, kemudian yang Kendal-Semarang pembebasan tanahnya akhir Februari maksimal 100 persen,” ujar Jokowi usai menghadiri Maulid Nabi di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, ini.

Lanjutnya, jika pembebasan tanahnya selesai, maka pembangunan kontruksi akan kebut-kebutan dan dilaksanakan sampai tiga shift. Sehingga nantinya jalan tol ini bisa dipakai saat Lebaran tahun 2017 untuk mengurangi kepadatan jalan pantura.

Progres tersebut didukung pembebasan lahan yang cepat karena undang-undang memberikan dukungan. Selain itu, pemerintah memiliki dana talangan yang mempercepat penyerapan dan pembayaran. “Kecepatan-kecepatan seperti ini di lapangan, akan kelihatan realisasinya dalam lima tahun. Begitu mengerjakan berapa kilometer, akan kelihatan sekali,” katanya.

Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Dr Ir M Basuki Hadimuljono juga mengatakan bahwa meski pada Lebaran nanti sudah bisa dipakai, namun pembangunan masih belum selesai. Meski ditargetkan harus benar-benar bisa digunakan pemudik Lebaran.

‚ÄúDalam pembangunan tol ini, tidak lepas dari adanya dana talangan untuk pembebasan lahan. Sehingga realisasi pembangunan jalan tol bisa tercapai. Dana talangan yang disiapkan pemerintah untuk jalan tol yang mangkrak sebanyak Rp 32 triliun dengan penyerapan yang sangat cepat. Alhamdulillah tidak ada masalah, pembebasan lahan sudah selesai hari ini. Saya harap, lebaran sudah bisa dilalui,” ujarnya. (mg20/ida)