Berikan ASI Eksklusif

489
Inda Raya (DOKUMEN PRIBADI)
Inda Raya (DOKUMEN PRIBADI)

KODRAT menjadi seorang ibu adalah melahirkan anak. Hal tersebut telah dipersiapkan oleh Inda Raya sejak sebelum menikah dengan mengumpulkan berbagai informasi seputar menyusui serta kesehatan ibu dan anak. Ia bergabung di fanpage Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

”Dengan bergabung di Komunitas AIMI Jateng, saya lebih tahu cara merawat anak. Terlebih tentang pemberian ASI eksklusif dan makanan pendamping bagi balita umur 6 bulan ke atas,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Menurut Inda Raya, ASI lebih alami dan kandungan di dalamnya sudah memenuhi kebutuhan gizi untuk bayi. ”Makanya saya enggan menggunakan susu formula untuk dua anak saya,” ujar ibu dari R Alarick Guardiola Adhitama Raya dan Rr Aimilionamora Adhitama Raya ini.

Ia pun tak malu memberikan ASI kepada buah hatinya di mana pun dengan memanfaatkan nursing apron. ”Kadang ada ibu yang malu memberikan ASI untuk anaknya dan enggan menggunakan fasilitas umum serta lebih memberikan susu formula. Padahal menyusui itu adalah kodrat dan hal yang lumrah bagi seorang ibu,” ungkap perempuan kelahiran Madiun, 3 Desember 1981 ini.

Pengurus AIMI Jateng ini meminta kepada ibu-ibu untuk tidak menyerah memberikan ASI kepada buah hatinya. Sebab, menyusui selain kodrat juga merupakan keterampilan yang wajib dipelajari. ”Dukungan dari lingkup keluarga sangat dibutuhkan, terutama dari sang suami,” katanya. (den/aro/ce1)