Broto Hastono, Ketua IKADIN Semarang yang Hobi Melukis Sketsa

Kerap Juara, Karyanya Pernah Dipamerkan Unicef

441

books-pengacara-hobby-sketsa-joko-1proyek-jalan
Di sela kesibukannya di dunia hukum, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Semarang, Broto Hastono, ternyata memiliki hobi unik. Yakni, melukis sketsa. Seperti apa?

BUNG JOKO SUSANTO

BROTO Hastono tak hanya seorang advokat. Tapi dia juga pelukis sketsa. Sudah ratusan sketsa dihasilkan. Di antaranya bahkan pernah juara saat dilombakan.

Ia mengaku hobi melukis sketsa sejak masih duduk di bangku SMA Negeri 1 Semarang. Di setiap kesempatan, dia selalu menggambar sketsa. Bahkan, saat pelajaran sekolah pun dia diam-diam melukis sketsa.

”Dulu saya sering dimarahi guru, karena sering nyuri-nyuri pose guru sebagai objek gambar. Kadang guru lagi menerangkan pelajaran saya gambar sketsa,” kenang Broto sambil tersenyum.

Ketua Peradi Semarang versi pimpinan Luhut Pangaribuan ini mengaku hobi melukis sketsa lantaran sejak kecil dirinya memang suka menggambar. Ia mahir menggambar karena bakat alam. Ia tidak ikut sanggar seni lukis, tapi belajar otodidak. Setiap menggambar Broto memilih on the spot langsung di depan objek yang digambar.

”Sekarang saya sudah punya kantor sendiri, dan punya komunitas yang sama-sama hobi melukis sketsa,” ucapnya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang di kantornya Jalan Pamularsih, Semarang, Selasa (4/10).

Diakui, saat lulus SMA, Broto hendak melanjutkan ke jurusan seni rupa. Namun dilarang keras orang tuanya. Sebab, orang tuanya ingin Broto menjadi PNS. Alhasil, Broto pun melukis sketsa secara sembunyi-sembunyi.