Dosen Polines Raih Gelar Doktor Undip

Teliti Willingness To Pay Pelestarian Heritage Surakarta

1018

Pelestarian warisan budaya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain dari sumber anggaran pemerintah, biaya pelestarian membutuhkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini, ungkapnya, didasari teori permintaan dan utiliti. Adapun tujuan penelitian adalah menganalisis kondisi sosio-ekonomi dan perilaku wisatawan, menganalisis nilai atribut warisan budaya, menganalisis nilai willingnes to pay untuk melestarikan warisan budaya Surakarta dan membangun strategi pengembangan pariwisata berbasis warisan budaya.

Secara fisik, warisan budaya kota Surakarta menurutnya terbagi dalam tiga komponen. Yaitu komponen kota tradisional, komponen kota kolonial dan komponen kota etnis Arab dan Tiongkok.

Ditambahkannya, pelestarian warisan budaya merupakan merupakan sebuah keharusan karena hal tersebut mencerminkan mahakarya kecerdasan kreatif manusia, mengandung nilai – nilai luhur masyarakat, sejarah peradapan manusia, karya seni, karya arsitektur, keindahan alam dan lain – lain. Lebih dari 100 warisan budaya Surakarta, merupakan potensi yang luar biasa dalam mengembangkan sektor pariwisata.