Lamar Kerja via Online Tekor Rp 4 Juta

310

SEMARANG – Kasus yang menimpa MN, 23, ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat, utamanya yang ingin melamar pekerjaan melalui situs lowongan kerja (loker) online.

Ya, warga asal Polaman Mijen Semarang. Belum kesampaian diterima kerja sudah tekor Rp 4 juta. Kejadian sial ini dialami pada, Rabu (15/6) kemarin, bermula ketika pemuda sarjana tekhnik mesin ini mencoba menyalurkan ijazahnya tersebut ke sebuah perusahaan dengan cara membuka situs lowongan kerja melalui internet.

Setelah membuka-buka loker di internet tersebut, pemuda lulusan universitas negeri di Semarang pun merasa tergiur pada salah satu loker perusahaan yang berada di Balikpapan yang sedang melakukan rekrutmen melalui internet.

Akhirnya, MN pun mengirim lamaran melalui email hingga selang beberapa hari mendapat balasan yang dirasa cukup menggembirakan yakni dirinya dipanggil untuk mengikuti interview.

”Dapat panggilan lewat email. Isinya biaya pesawat sama penginapan hotel ditanggung sana. Tapi dari perusaahaan itu minta untuk membayar terlebih dahulu sebesar Rp 4 juta,” kata MN saat lapor di Mapolrestabes Semarang, Kamis (16/6) kemarin.