Hadirkan Inovasi Layanan Terbaru

235

PEKALONGAN – Didapuk mengemban tugas sebagai Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Muhammad Alan Haikel atau yang akrab dipanggil Alan akan terus menghadirkan berbagai inovasi layanan terbaru.

“Saya menyukai tantangan, terutama terhadap tugas-tugas yang saya emban. Termasuk saat dipindah ke kesatuan ini. Saya sudah banyak memiliki inovasi pelayanan terbaru dan menarik,” ucap bapak dua anak kelahiran Palembang ini.

Termasuk salah satunya program Five Minute Ops, sebuah razia ringan terhadap pengendara kendaraan bermotor terutama roda dua. Yang dihentikan berkelompok, kemudian di briefing selama 5 menit terkait safety riding. “Program operasi lima menit ini, terbaru dari kami. Dengan tujuan mencegah kecelakaan pada pengendara,” ucapnya di sela-sela tugasnya.

Dilanjutkan lulusan 10 besar Akpol angkatan 2010 ini, menurut Analisis dan evaluasi (Anev) dari Januari hingga April, banyak laka lantas terjadi pada kendaraan bermotor dan jam-jam rawan. Yaitu, diatas pukul 15.00 atau jam pulang kantor. “Mungkin saat jam itu, pengendara capek setelah seharian kerja, sehingga konsentrasi berkurang. Untuk itu mereka akan kami ingatkan, dan kami kasih trik agar berkendara aman,” lanjut suami dari Fitria Ramadhani ini.

Dengan ada razia kendaraan, minimal pengendara akan lebih sadar. Minimal awalnya kaget, namun kemudian akan lebih fresh lagi saat berkendara. Terlebih dengan berbagai saran dari polisi.

Terkait karirnya, pasca lulus kuliah di jurusan Kesehatan masyarakat, Alan masuk Akpol dan lulus 2010. Kemudian dirinya merintis karir di Polres Indramayu. Dari ditugaskan sebagai Kanit Buser, Kanit Tipikor sampai menjadi Kapolsek Cikedung.

Sebelum ke Pekalongan, Alan menempuh PTIK. Setelah lulus langsung menunaikan tugasnya di Polda Maluku setahun. Dilanjutkan sebagai Kapolsek Cepu selama setahun, baru ke Pekalongan, tepat awal bulan ini menjadi Kasatlantas. (han/ric)